Jakarta (ANTARA) - Anggota Satuan Lalu Lintas Polres Metro Tangerang Kota berpakaian adat Nusantara membagikan masker secara gratis kepada pengemudi kendaraan.

"Kita kampanyekan imbauan cegah COVID-19," kata Kepala Satlantas Polres Metro Tangerang Kota Komisaris Polisi Jamal Alam melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Petugas membagikan sebanyak 500 masker kepada pengemudi guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan menjalankan protokol kesehatan.

Polisi itu mengenakan pakaian adat dari Jawa, Bugis, Betawi dan Pinang membagikan masker di sekitar perempatan lampu merah Tanah Tinggi, Jalan Makam Pahlawan, Robinson dan Adipura.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana menggelar inspeksi disiplin protokol kesehatan kepada personel Kepolisian yang bertugas di Mako Polda Metro Jaya.

"Polda Metro Jaya sesuai arahan Kapolri lebih meningkatkan secara masif upaya-upaya baik itu pendisiplinan internal Polri maupun pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat. untuk internal Polri kami dari awal sudah menekankan," tutur Irjen Polisi Nana Sudjana.

Baca juga: Anggota Polrestro Jaktim kena sanksi fisik karena bekerja tanpa masker

Nana menegaskan terdapat tiga fokus utama pada inspeksi disiplin protokol kesehatan, yakni penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Pendisiplinan protokol kesehatan ini dikhususkan kepada personel kepolisian yang akan melaksanakan tugas terkait dengan penanganan maupun antisipasi COVID-19.

Nana menambahkan pendisiplinan protokol kesehatan ini akan dilaksanakan mulai dari tingkat Polda hingga ke Polres dan Polsek. Pendisiplinan juga untuk memberikan contoh kepada masyarakat dalam pencegahan penularan COVID-19.
Baca juga: Satpol PP DKI tindak penggunaan masker di leher dan dagu

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020