Denpasar (ANTARA) - Sejumlah musisi dengan latar belakang berbeda di wilayah Bali merilis single berjudul Garuda Patriot melalui kanal Youtube "PunklenkHead" bertepatan dengan momentum peringatan HUT ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam karya Garuda Patriot itu, Octav Sicilia berkolaborasi dengan musisi Made Bawa, drummer Thomps Gallagher dan personel Superman is Dead, Bobby Kool.

"Saya agak sedikit terusik dengan adanya segelintir kalangan yang ingin menggoyahkan Pancasila," ujar salah satu musisi, Octav Sicilia saat dalam keterangannya yang diterima di Denpasar, Selasa.

"Pancasila dengan Garuda itu adalah simbol negara yang harus kita jaga. Ayo semua sadar, nenek moyang kita telah berjuang keras untuk membebaskan negara ini dari penjajah. Inilah yang membuat saya terpanggil untuk menciptakan lagu ini," ujar dia.

Baca juga: Lagu-lagu hits saat 17 Agustusan

Baca juga: Roy Jeconiah rilis ulang lagu "Aku Garuda" di HUT ke-75 Kemerdekaan RI



Octav menjelaskan, lagu Garuda Patriot sebenarnya telah diciptakannya delapan tahun lalu. Upaya membawa lagu itu ke dapur rekaman juga sudah sempat dilakukan di tahun 2016. Saat itu, Octav dan Made Bawa berkolaborasi bersama sejumlah musisi lain. Namun, karya itu tak pernah selesai karena kesibukan masing masing musisi yang terlibat.

Pada tahun ini, Octav dan Made Bawa akhirnya bertemu kembali dan sepakat untuk menggarap ulang lagu tersebut. Kali ini, mereka lebih serius dengan membentuk grup band baru bernama PunklenkHead. Selain Octav dan Made Bawa, drummer Thomps Gallagher juga turut bergabung.

Ketiganya kemudian meminta Bobby menyumbangkan vokalnya untuk menyempurnakan single pertama Punklenghead featuring Bobby Kool itu.

"Kami sangat senang karena Bobby mau bergabung dalam proyek single Garuda Patriot ini," ujar musisi lainnya, Made Bawa.

Ia mengatakan, meski sudah diciptakan beberapa tahun lalu, menurutnya lagu Garuda Patriot justru sesuai dengan situasi kekinian, ketika pandemi COVID-19 menyerang segala sektor kehidupan masyarakat.

"Selama ini kan kita sudah lumayan terpuruk karena virus ini. Dengan lagu ini, kami ingin mengajak semua orang di negeri ini untuk bangkit kembali," ungkapnya.

Baca juga: Lanjutkan amanah, God Bless tak ubah lagu "Untuk Indonesiaku"

Baca juga: God Bless rilis lagu baru "Untuk Indonesiaku"

Baca juga: HUT ke-75 RI, Andrea Turk nyanyikan ulang lagu "Indonesia Raya"

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020