Tinju

Saul Canelo Alvarez bakal hadapi Avni Yildirim

Saul Canelo Alvarez bakal hadapi Avni Yildirim

Dokumentasi: Saul Canelo Alvarez (celana biru/hijau) dan Sergey Kovalev (celana hitam/putih/merah) beradu jotos pada pertarungan perebutan gelar berat ringan WBO di MGM Grand Garden Arena pada 2 November 2019.  Alvarez menang TKO di ronde 11. ANTARA/REUTERS/Joe Camporeale-USA TODAY Sports.

Jakarta (ANTARA) - World Boxing Council (WBC) memerintahkan Saul Canelo Alvarez dan Avni Yildirim untuk bertarung memperebutkan gelar kelas menengah super yang dicopot WBC dari pemegang gelar sebelumnya David Benavidez.

“Dewan Gubernur WBC telah memilih Canelo Alvarez, juara dunia multi-divisi yang memegang sebutan Waralaba WBC, untuk melawan penantang wajib WBC Avni Yildirim untuk memperebutkan gelar kelas menengah super WBC yang lowong,” demikian diumumkan WBC seperti dikutip Ringtv, Rabu WIB.

WBC mencopot sabuk gelar juara kelas menengah super dari pinggang David Benavidez, karena petinju berdarah Meksiko itu gagal memenuhi batas maksimal berat badan di kelas menengah super saat mempertahankan gelar melawan Roamer Angulo, Minggu WIB lalu.

Baca juga: Joshua dan Fury sepakat naik ring tahun depan
Baca juga: Positif COVID-19, petinju Mikaela Mayer batal tanding
Baca juga: Tinju - Alvarez beri kekalahan pertama bagi Golovkin


Saat timbang badan, Benavidez kelebihan berat badan tiga pon dari batas 168 pon yang disyaratkan di kelas tersebut, meskipun pertarungan ketika itu dilanjutkan dan Benavidezdi menang TKO dari Angulo pada ronde 10.

Alvarez (51-1-2, 36 KO), yang tinggal di Guadalajara, Jalisco, tidak bertanding sejak mengalahkan pemegang gelar kelas berat ringan WBO Sergey Kovalev pada 2 November di Las Vegas.

Alvarez awalnya direncanakan untuk bertarung pada bulan September tetapi belum ada yang terealisasi. Bintang pound-for pound berusia 30 tahun itu diharapkan kembali bertarung akhir tahun ini.

Sementara itu, Yildirim (21-2, 12 KO), yang tinggal di Istanbul, Turki, tidak bertanding sejak 23 Februari tahun lalu, ketika ia kalah dari Anthony Dirrell melalui keputusan teknik di Minneapolis, Minnesota. Pertarungan dihentikan di ronde 10 oleh dokter di sisi ring karena luka di atas mata Dirrell yang disebabkan oleh benturan kepala kedua petinju.

Setelah pertarungan, WBC memasang Yildirim sebagai penantang wajib untuk gelar tersebut.

Belum ada kabar tentang negosiasi yang akan dilakukan antara Golden Boy Promotion, yang mewakili Alvarez, dan Ahmet Oner, yang mempromosikan Yildirim.

Baca juga: Daud Cino Yordan ajak pemuda tetap berkarya di tengah pandemi COVID-19
Baca juga: Petinju putri Indonesia Felmi Sumaehe selangkah lagi jadi juara dunia

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tinju Putra Indonesia persembahkan medali perunggu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar