Jakarta (ANTARA) - Punya asma bukan berarti Anda tidak bisa keluar dan berolahraga. Faktanya, sebuah ulasan tahun 2020 di European Respiratory Journal menemukan, latihan aerobik bahkan dapat meningkatkan pengendalian asma dan fungsi paru-paru.

Akan tetapi, ada beberapa jenis olahraga yang lebih baik daripada yang lain untuk penderita asma - terutama olahraga yang berdampak rendah dan tidak mengharuskan Anda berada di luar saat udara dingin.

Berikut rekomendasi pilihan olahraga untuk mereka dengan asma seperti dikutip dari Insider, Rabu.

1. Berenang
Berenang bagus untuk penderita asma karena udara yang Anda hirup pada ketinggian air cenderung lembap yang mengurangi hilangnya panas dalam sistem pernapasan Anda. Ini dapat mengurangi bronkokonstriksi, yaitu ketika saluran udara Anda menyempit dan membatasi pernapasan, yang dapat memicu asma.

Namun, berenang intensitas tinggi dapat meningkatkan risiko serangan asma dan klorin bisa menyebabkan iritasi saluran napas yang memicu penyempitan saluran udara, kata Direktur Medis Pulmonologi di Lakeland Regional Hospital, Joi Lucas.

Tapi secara keseluruhan, berenang dengan intensitas rendah dianjurkan untuk penderita asma. Ini berarti berenang kurang dari enam puluh menit dengan kecepatan lambat.

2. Jalan kaki atau hiking
Jalan kaki sangat bermanfaat bagi tubuh dan menawarkan banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan, meningkatkan level energi dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagi penderita asma, berjalan kaki dan mendaki olahraga yang baik tanpa batas jarak. Olahraga ini dapat dilakukan dengan santai tanpa perlu bernapas cepat, tidak mungkin memicu gejala asma, kata Lucas.

Namun, sebaiknya hindari berjalan atau mendaki di iklim dingin, karena udara dingin dapat menyebabkan hilangnya panas dan air dengan cepat dari lapisan saluran napas.

Hal ini mempersempit jalan napas, mempersulit oksigen untuk mencapai paru-paru dan membatasi aliran darah, menyebabkan sesak napas dan kesulitan bernapas.

Saat berjalan di luar terutama di cuaca dingin, Lucas merekomendasikan Anda membawa inhaler.

3. Yoga
Yoga tergolong olahraga aman yang dapat membantu mengatasi asma, karena gerakannya bisa mengoptimalkan napas dan melibatkan tarikan napas lambat dan gerakan berdampak rendah.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan di AYU dan melibatkan lebih dari 250 peserta menemukan yoga dapat meningkatkan kualitas hidup penderita asma, yang mengacu pada kesehatan, kenyamanan, dan kemampuan untuk berpartisipasi dalam berbagai peristiwa kehidupan.

4. Latihan durasi pendek
Lucas merekomendasikan olahraga berdampak rendah yang tak perlu dijadikan kompetisi seperti tenis, senam, golf, seni bela diri, anggar, angkat beban dan lari jarak pendek atau menengah.



Baca juga: Tundukkan gen gemuk dengan rutin berolahraga

Baca juga: Ini olahraga ringan cocok untuk penderita asma

Baca juga: Olahraga 30 menit bisa kendalikan gejala asma

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020