Mensos ajak masyarakat DIY melawan COVID-19 dengan gotong royong

Mensos ajak masyarakat DIY melawan COVID-19 dengan gotong royong

Menteri Sosial Juliari P. Batubara. (Foto ANTARA/Sutarmi)

kita harus melawan dengan semangat gotong royong dan kesetiakawanan sosial
Kulon Progo (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari P. Batubara meminta seluruh elemen masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta bersama-sama melawan COVID-19 dengan semangat gotong royong dan kesetiakawanan sosial.

Mensos Juliari dalam sambutnya saat Peringatan Hari Kemanusiaan Se-Dunia dan Pencanangan Kampung Siaga Bencana melalui aktivitas Kampung Siaga Bencana wilayah pesisir Kapanewon Galur, Panjatan, Wates, dan Temon di Kabupaten Kulon Progo,DIY, Rabu mengatakan masalah COVID-19 tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi masyarakat juga menjadi ujung tombak percepatan penanganan.

"Kita harus menjadi harus menjadi panglima perang dalam menghadapi COVID-19. Pandemi COVID-19 telah memporakporandakan seluruh lini kehidupan, mulai dari kesehatan, sosial, dan juga ekonomi. Untuk itu, kita harus melawan dengan semangat gotong royong dan kesetiakawanan sosial," kata Juliari.

Ia mengajak masyarakat untuk terlena dalam melawan pandemi COVID-19. Jangan sampai masyarakat yang tinggal di zona hijau tidak menerapkan protokol kesehatan. Berdasarkan laporan, masyarakat yang terlena di zona hijau, menyebabkan penyebaran COVID-19 dengan cepat.

Baca juga: Mensos sebut Polri berperan sukseskan penyaluran bansos

Baca juga: Mensos: Disiplin kunci terhindar dari Covid-19


"Kami minta eksekutif, legislatif, dan forum komunikasi pimpinan daerah untuk tidak kendor untuk mengingatkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan, dengan memakai masker dan menjaga jarak," katanya.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan Pemkab Kulon Progo secara intensif melakukan sosialisasi pemakaian masker di lokasi umum, seperti pasar, alun-alun dan lingkungan pemerintahan Kulon Progo. Ia mengakui, kasus pasien positif COVID-19 di Kulon Progo akhir-akhir ini mengalami peningkatan.

"Kami juga mengharapkan masyarakat memakai masker, menjauhi kerumunan dan dan menjaga kesehatan dan kebersihan, makan makanan sehat, dan istirahat cukup," katanya.

Baca juga: Mulai Juli bansos sembako hanya dibagikan sebulan sekali

Baca juga: Mensos serahkan bantuan ke warga Tangerang terdampak COVID-19

Pewarta: Sutarmi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Doni Monardo sebut COVID-19 masih terkendali namun tetap waspada

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar