Setelah dilakukan seleksi, ada enam mahasiswa yang diterima melalui jalur hafidz Quran di Unja untuk tahun 2020 in
Jambi (ANTARA) - Universitas Jambi (Unja) pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik  2020 ini menerima sebanyak enam orang mahasiswa baru melalui jalur hafidz Quran.

"Setelah dilakukan seleksi, ada enam mahasiswa yang diterima melalui jalur hafidz Quran di Unja untuk tahun 2020 ini,” kata Ketua Tim Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unja melalui jalur hafidz Quran Dr Supian di Jambi, Rabu.

Enam orang mahasiswa yang diterima melalui jalur hafidz Qur’an tersebut masuk padaenam program studi (prodi) yang berbeda beda, yakni Prodi  Sistem Informasi, Pendidikan Bahasa inggris, Ilmu Hukum, Kesehatan Masyarakat, serta Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan.

Ia menjelaskan calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur hafidz Qur’an tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, namun yang berhasil lulus seleksi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan tahun lalu.

Pada tahun 2019 lalu ada 11 orang mahasiswa yang lulus melalui jalur hafdiz tersebut, namun pada tahun ini hanya terdapat enam orang.

Dalam proses penerimaan mahasiswa baru, Unja membuka empat jalur penerimaan, yakni jalur SNMPTN, SBMPTN, melalui jalur hafidz Quran dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

“Saat ini tahapan yang dilaksanakan yakni SMMPTN, sedangkan untuk tiga tahapan lainnya sudah dilaksanakan,” katanya.

Seleksi melalui jalur hafidz tersebut dilaksanakan lebih ketat, tidak hanya berdasarkan syarat yang dilampirkan, namun seleksi yang dilakukan lebih kepada kemampuan hafalan dari setiap calon mahasiswa.

“Selain seleksi yang lebih ketat, banyak calon mahasiswa yang mendaftar di prodi yang sama, sehingga seleksi lebih ketat,” kata Supian.

Sementara itu, melalui jalur SBMPTN terdapat 2.948 mahasiswa yang berhasil lulus dan masuk menjadi mahasiswa Unja, di mana mahasiswa yang di terima tersebut tersebar di 52 prodi yang terdapat di Unja.

Baca juga: Madrasah dan ponpes di Jambi dibantu dosen Unja terapkan iptek

Baca juga: Cegah COVID-19, Universitas Jambi lakukan tindakan preventif

Baca juga: Kemendikbud targetkan Unja jadi PTN berbadan hukum

Baca juga: Rektor Unja: 2020 harus fokus tingkatkan kualitas dan keterampilan SDM


Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020