BI: Uang muka pembelian kendaraan ramah lingkungan jadi nol persen

BI: Uang muka pembelian kendaraan ramah lingkungan jadi nol persen

Karyawan mengisi daya motor listrik saat sosialisasi motor listrik "on the road", di Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) Pantai Purus, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (14/9/2019). PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumbar memperkenalkan motor listrik yang ramah lingkungan kepada masyarakat dan bisa diisi dayanya di 196 SPLU yang tersebar di provinsi itu. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/nz

Pemerintah ada kebijakan mendorong tidak hanya produktif tapi juga pemakaian kendaraan bermotor ramah lingkungan, antara lain kendaraan listrik
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) menurunkan batasan minimum uang muka (Down Payment/DP) untuk pembelian kendaraan bermotor ramah lingkungan menjadi nol persen berlaku mulai 1 Oktober 2020.

“Ini bagian dari sinergi kuat pemerintah dan BI dalam konteks untuk mendukung pemulihan ekonomi secara keseluruhan,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo ketika memaparkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Agustus 2020 di Jakarta, Rabu.

Adapun rinciannya, lanjut dia, untuk jenis kendaraan roda dua dari 10 persen menjadi nol persen, kendaraan roda tiga atau lebih yang digunakan untuk kegiatan nonproduktif dari 10 persen menjadi nol persen.

Kemudian kendaraan roda tiga atau lebih yang digunakan untuk kegiatan produktif dari 5 persen menjadi nol persen.

Gubernur BI menekankan keputusan ini tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian, termasuk hanya berlaku bagi bank-bank yang mempunyai rasio kredit bermasalah (NPL) di bawah 5 persen.

“Ini contoh bagaimana pemerintah, BI dan OJK bersinergi kuat. Pemerintah ada kebijakan mendorong tidak hanya produktif tapi juga pemakaian kendaraan bermotor ramah lingkungan, antara lain kendaraan listrik,” katanya.

Sementara itu untuk jenis kendaraan ramah lingkungan, lanjut dia, akan mengikuti ketentuan atau klasifikasi dari pemerintah.

BI, kata dia, ke depan tetap menempuh kebijakan makroprudensial akomodatif sejalan bauran kebijakan yang ditempuh sebelumnya serta bauran kebijakan nasional, termasuk berbagai upaya untuk memitigasi risiko di sektor keuangan akibat penyebaran COVID-19.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BI dukung penyediaan benur udang windu di Kotabaru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar