saat itu foto tersebut diminta secara rahasia
Gorontalo (ANTARA) - Adiyta Perpatih (9) adalah sosok anak yang mengenakan pakaian adat Gorontalo, Makuta yang berada dalam gambar Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) Republik Indonesia ke 75 tahun dengan nilai Rp75 ribu.

Ibu dari Aditya, Sitti Murtafiah Mooduto di Gorontalo, Rabu, mengaku pada awalnya tidak mengetahui jika foto anaknya yang diambil pada tahun 2019 lalu akan berada di dalam UPK tersebut.

"Karena saat itu foto tersebut diminta secara rahasia, dan hanya diketahui oleh saya, Bank Indonesia dan Peruri," ujarnya.

Ia menjelaskan jika pada saat itu ada tiga anak yang difoto dan tidak berharap banyak jika Aditya yang akan terpilih dan berada di ketiga kanan dari anak-anak yang mengenakan berbagai pakaian adat di uang baru tersebut.

"Saya mengetahui Aditya terpilih pada tanggal 16 Agustus, dan benar-benar kaget dan bangga karena anak saya yang mengenakan pakaian adat Gorontalo berada dalam uang baru itu," ungkapnya.

Menurut dia, itu menjadi suatu hal yang sangat membanggakan bagi keluarga dan juga Gorontalo.
Aditya Perpatih (kanan) bersama ibunya, Sitti murtafiah Mooduto (kiri) menunjukkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 tahun kemerdekaan Indonesia senilai Rp75 ribu di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo di Kota Gorontalo, Gorontalo, Rabu (19/8/2020). Aditya merupakan salah seorang sosok anak yang mengenakan pakaian adat Gorontalo yaitu Makuta dan berada di posisi ketiga kanan dalam uang baru tersebut. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020