Konfirmasi positif bertambah 12 orang, secara total berjumlah 1.029 kasus COVID-19.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Jumlah kasus terkonfirmasi positif virus corona di Kota Malang, Jawa Timur, dilaporkan bertambah sebanyak 12 orang pada Rabu (19/8), sehingga secara keseluruhan ada 1.029 kasus positif COVID-19 di wilayah tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang Nur Widianto mengatakan bahwa penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 tersebut, secara keseluruhan berasal dari pasien yang sebelumnya berstatus saspek atau yang sebelumnya dikenal sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

"Konfirmasi positif bertambah 12 orang, secara total berjumlah 1.029 kasus COVID-19. Penambahan berasal dari 12 orang yang sebelumnya merupakan PDP," kata Widianto di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu.

Baca juga: Polisi peringatkan warga tidak ambil paksa jenazah pasien COVID-19

Widianto menambahkan satu orang pasien positif COVID-19 di Kota Malang, dilaporkan meninggal dunia. Sehingga, secara keseluruhan, jumlah pasien meninggal dan terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 80 orang.

Sementara itu, lanjut Widianto, untuk pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 pada Rabu bertambah sebanyak 25 orang. Secara keseluruhan, ada 594 orang yang telah dinyatakan sembuh dari virus yang pertama kali merebak di Wuhan, China itu.

"Pasien meninggal bertambah satu orang, total 80 orang. Sementara untuk yang sembuh, sebanyak 594 orang, bertambah 25 orang," kata Widianto.

Baca juga: Ratusan ASN Pemkab Malang jalani uji cepat COVID-19

Dengan rincian tersebut, di Kota Malang, saat ini tercatat ada 355 orang yang masih berada dalam perawatan dan pemantauan. Sementara untuk kasus suspect COVID-19, di Kota Malang tercatat ada 1.862 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan bahwa penambahan kasus konfirmasi positif virus corona dalam beberapa waktu terakhir, berasal dari pasien yang berstatus saspek.

"Untuk kasus kontak erat sudah tidak ada adalah beberapa hari terakhir ini. Penambahan, terjadi dari pasien yang berstatus PDP," kata Husnul.

Baca juga: Dinkes Lampung catat tambahan lima pasien positif COVID-19

Husnul menambahkan, Pemerintah Kota Malang saat ini tengah meningkatkan pengawasan terhadap para pasien yang berstatus saspek atau PDP, khususnya yang masih berada di rumah sakit, dan yang sudah diperbolehkan pulang namun hasil tes usapnya belum keluar.

"Yang menjadi perhatian, adalah PDP yang dirawat di rumah sakit, dan yang sudah keluar dari RS, namun hasil tes usap belum keluar," ujar Husnul.

Husnul menambahkan Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan Kota Malang, mendorong langkah pengetesan (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) atau yang biasa disebut 3T, untuk menekan penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut.

Baca juga: Bupati Mahakam Ulu sampaikan kronologi 4 warganya positif COVID-19

"Rekan-rekan yang ada di wilayah, sudah memperkuat 3T. Diharapkan langkah tersebut bisa menekan penyebaran COVID-19," kata Husnul.

Sebagai catatan, meskipun kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kota Malang terus bertambah, Pemerintah Kota Malang telah melakukan uji coba sekolah dengan pembelajaran tatap muka, salah satunya di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 8 Kota Malang.

Kendati telah dilakukan uji coba, hingga saat ini Pemerintah Kota Malang belum memutuskan kapan pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat tersebut akan dimulai.

Baca juga: Jelang tahun baru Hijriah positif COVID-19 tambah 1.902, sembuh 2.351

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020