Mendorong pemerintah memberikan dukungan dan bantuan kepada pelaku UMKM melalui perorangan maupun koperasi...
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah memberikan dukungan modal dan pelatihan serta pendampingan ekstra untuk membangkitkan UMKM, seperti memperlebar akses ke pasar yang lebih luas, termasuk melalui aplikasi atau platform digital.

"Mendorong pemerintah memberikan dukungan dan bantuan kepada pelaku UMKM melalui perorangan maupun koperasi untuk meningkatkan daya saing produk secara perlahan-lahan hingga mampu untuk kembali bersaing di pasaran," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Bambang Soesatyo yang biasa disapa Bamsoet itu juga meminta pemerintah meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat memberdayakan kemampuannya untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan memiliki daya saing yang baik terlebih di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Kementerian Koperasi akan buat aplikasi pendampingan UMKM online

Baca juga: Menkop Teten dorong UMKM dan nelayan optimalkan pemasaran digital


Selain itu, kata dia, agar pelaku UMKM juga memiliki kemampuan untuk mengetahui jenis dan spesifikasi barang atau jasa yang sedang banyak diminta pasar.

Ketua MPR itu juga mendorong pemerintah agar dapat mengoptimalisasikan belanja kementerian dan lembaga untuk membeli produk UMKM.

Baca juga: Mentan gandeng Kemenlu pacu ekspor pertanian lewat produk UMKM

Baca juga: KKP gandeng mitra platform digital pasarkan produk UMKM perikanan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020