Jakarta (ANTARA) - Klub PSPS Pekanbaru yakin dapat lolos dari penyisihan grup Liga 2 Indonesia musim 2020, di mana mereka bergabung di Grup C.

"Soal hasil akhir, kami menyerahkan saja kepada waktu. Yang jelas, kami optimistis," ujar Media Officer PSPS Muhammad Teza Taufik ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Rabu.

Menurut Teza, salah satu faktor yang membuat optimisme PSPS terjaga adalah status tuan rumah yang disandang.

PSPS terpilih menjadi penyelenggara pertandingan di Grup C setelah PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengadakan pengundian secara virtual pada Rabu (19/8).

Baca juga: LIB tuntaskan pengundian tuan rumah dan grup Liga 2 Indonesia 2020

"Faktor bermain di kandang sendiri tentu menjadi penyemangat bagi kami. Itu membuat kami juga tidak perlu melakukan adaptasi khusus," kata Teza.

Demi lolos ke delapan besar, manajemen klub juga meminta pelatih dan pemain PSPS untuk selalu tampil maksimal di setiap pertandingan.

Sementara, terkait komposisi Grup C yang dihuni Mitra Kukar, Martapura FC, Putra Sinar Giri, AS Abadi Tiga Naga dan PSIM Yogyakarta, PSPS menilai semua pesaingnya itu tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Mitra Kukar pernah berkompetisi di Liga 1. PSIM memiliki nama besar. Sementara keberadaan AS Abadi Tiga Naga akan menyajikan derbi Riau. Martapura itu tim kuat dan PSG Gresik, meski pendatang baru di Liga 2 2020, juga tidak boleh diremehkan," tutur Teza.

Liga 2 Indonesia musim 2020 digelar pada 17 Oktober-5 Desember 2020.

Baca juga: PSPS Riau siapkan dua stadion di Pekanbaru jadi tuan rumah Liga 2

Berdasarkan pengundian yang dilakukan secara virtual pada Rabu (19/8), keempat tuan rumah fase grup Liga 2 musim 2020 adalah Badak Lampung FC (Grup A), PSCS Cilacap (Grup B), PSPS Pekanbaru (Grup C) dan PSMS Medan (Grup D).

Nantinya, setelah melalui babak penyisihan grup, delapan klub terbaik akan masuk ke babak perempat final. Di sini, tim-tim ditempatkan ke dalam dua grup.

Lalu, laga semifinal dan final dilaksanakan dengan pertandingan tunggal (single match). Dua tim yang masuk ke final dipastikan promosi ke Liga 1 Indonesia 2021.

Adapun pembagian grup Liga 2 Indonesia musim 2020 adalah sebagai berikut.

Grup A: Badak Lampung FC, Babel United FC, Perserang, PSBS Biak, Cilegon United FC, Persewar Waropen.

Grup B: PSCS Cilacap, Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, PSKC Cimahi, Persis Solo, Persigo Semeru.

Grup C: PSPS Pekanbaru, Mitra Kukar, Martapura FC, Putra Sinar Giri, AS Abadi Tiga Naga, PSIM Yogyakarta.

Grup D: PSMS Medan, Sulut United, Semen Padang, Persekat, Persijap Jepara, Sriwijaya FC.

Baca juga: PSPS gunakan subsidi Liga 2 2020 untuk lunasi tunggakan gaji 2018

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020