Netflix uji coba tombol "shuffle play" di perangkat TV

Netflix uji coba tombol "shuffle play" di perangkat TV

Ilustrasi aplikasi Netflix (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan layanan streaming Netflix baru-baru ini menguji coba tombol "shuffle play" atau putar acak yang terletak tepat di layar utama Netflix, di bawah ikon profil pengguna.

Saat ditekan, Netflix akan memutar secara acak konten yang menurutnya sesuai dengan selera tontonan pengguna, film atau serial yang sedang ditonton, maupun film dan serial yang diletakkan di watchlist pengguna.

Tombol baru saat ini muncul di aplikasi Netflix untuk perangkat TV. Adanya fitur ini membuat banyak pengguna terkejut. Beberapa pengguna mengira penambahan itu bisa menyenangkan atau bermanfaat, sementara yang lain tampak bingung.

Dilansir TechCrunch, Netflix mengatakan bahwa ide di balik fitur tersebut adalah membantu penggunanya dengan cepat dan mudah untuk menemukan konten yang disesuaikan dengan selera mereka.

Ini adalah tantangan yang telah diatasi Netflix selama bertahun-tahun melalui berbagai fitur dan pengujian, seperti screensaver di aplikasi TV, video pra-putar, dan bahkan konten promosi yang dipamerkan di layar beranda.

Baca juga: Keuntungan Netflix cenderung datar meski jumlah pelanggan bertambah

Baca juga: Telkomsel segera buka akses ke Netflix


Pada akhirnya, perusahaan ingin pengalaman menggunakan Netflix terasa lebih seperti menonton TV konvensional, dimana pengguna bisa menyalakannya dan sesuatu mulai diputar.

Tombol "shuffle play" adalah yang terbaru dari serangkaian pengujian panjang di mana Netflix telah mencoba membuat konsep acak berfungsi.

Tahun lalu, misalnya, Netflix mencoba mode acak yang memungkinkan pengguna mengeklik acara populer untuk mulai memutar episode acak. Ini mungkin berhasil dengan baik ketika pengguna ingin memutar episode acak dari pilihan default mereka, seperti "The Office" atau "Friends".

Baru-baru ini, beberapa pengguna Netflix menemukan opsi acak yang disebut "play something" atau "putar sesuatu" di aplikasi TV mereka.

Netflix mengonfirmasi bahwa ini semua adalah variasi dari konsep umum "mode acak", yang telah dicoba di berbagai permukaan, termasuk yang disebutnya "profile gate", serta menu samping dan layar utama.

Saat ini, tombol "shuffle play" di layar profil adalah satu-satunya pengujian yang masih berlangsung.

Perusahaan mengatakan mulai meluncurkan uji coba baru untuk pengguna di seluruh dunia bulan lalu dan hanya di perangkat TV.

Netflix belum membuat keputusan tentang apakah atau kapan akan meluncurkan fitur shuffle secara publik, karena Netflix perlu mengumpulkan umpan balik dari setiap pengujian yang berbeda dan membandingkan hasilnya terlebih dahulu.

Baca juga: Netflix beli trilogi film "Fear Streat" dari buku R.L Stine

Baca juga: "I'm Thinking of Ending Things", film baru Charlie Kaufman di Netflix

Baca juga: Netflix lampaui 1 miliar unduhan di Google Play Store

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

INDEF dukung pemerintah pungut PPN Google, Amazon, Netflix, dan Spotify

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar