Ide mengisi "long weekend" dengan WhatsApp

Ide mengisi "long weekend" dengan WhatsApp

Ilustrasi aplikasi WhatsApp di perangkat Android. ANTARA/Arindra Meodia.

Jakarta (ANTARA) - Pekan ini, masyarakat akan merasakan libur akhir pekan yang panjang atau long weekend, bertepatan dengan Tahun Baru Hijriah 1422 H.

Liburan long weekend ini berlangsung di tengah pandemi virus corona sehingga masyarakat dianjurkan tetap berada di rumah demi menjaga kesehatan dan keamanan.

Platform pesan singkat WhatsApp memberikan tips memanfaatkan aplikasi tersebut untuk beraktivitas bersama teman dari jarak jauh.

1. Makan siang via WhatsApp Video Call
Pengguna bisa membuat janji dengan teman atau keluarga mengadakan acara makan bersama dari rumah masing-masing dengan panggilan video. Video call di WhatsApp bisa digunakan hingga delapan orang.

Jika ingin mengundang keluarga besar, manfaatkan fitur Rooms yang terintegrasi dengan Facebook Messenger, yang bisa menampung sampai 50 orang.

Caranya, pasang aplikasi versi terbaru WhatsApp dan Facebook Messenger di ponsel Android maupun iPhone. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk "panggilan" dan "buat forum" (tombol biru dengan logo kamera video).

Pengguna juga bisa membuka jendela obrolan orang yang ingin ditelepon, kemudian pilih "lampirkan" (simbol penjepit kertas) kemudian "forum".

Setelah itu, ketuk "lanjutkan di Messenger", pengguna akan dialihkan ke aplikasi Facebook Messenger. Setelah membuat nama forum, bagikan tautan forum lewat WhatsApp.

2. Main game via WhatsApp Video Call versi desktop
Pilih permainan yang bisa dilakukan bersama dari jarak jauh, misalnya permainan "jadul" ABC Lima Dasar.

Panggilan video juga bisa dilakukan lewat laptop atau deskto. Caranya, masuk ke WhatsApp versi web kemudian, klik menu atau simbol tiga titik di kanan atas, kemudian pilih "buat forum".

Pilih "lanjutkan di Messenger", pengguna akan dibawa ke situs Messenger di peramban. Pengguna perlu masuk menggunakan akun Facebook agar bisa mengakses Messenger.

Klik "coba" kemudian "buat forum", dan bagikan tautan lewat aplikasi WhatsApp atau email. Teman yang ingin bergabung bisa langsung mengklik tautan tersebut tanpa login Facebook.

3. Belanja di WhatsApp Bisnis
Jika toko incaran memiliki akun WhatsApp Bisnis, pengguna bisa langsung berbelanja dari aplikasi Whatsapp.

Ketuk profil bisnis tersebut untuk melihat katalog produk yang ditawarkan.


Baca juga: Rekomendasi destinasi wisata untuk "long weekend" selain puncak

Baca juga: Okupansi hotel Bandung jelang long weekend hanya 55 persen

Baca juga: Akhir pekan ini KAI operasikan 12 KA tambahan

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mudahnya belanja di pasar tradisional via WhatsApp

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar