Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (20/8) mulai dari Kemenperin yang menyusun pedoman kebiasaan baru industri pangan hingga kerja sama PT Biofarma dan Sinovac dalam pembuatan vaksin COVID-19.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Pedoman kebiasaan baru industri pangan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyusun pedoman adaptasi kebiasaan baru industri pangan karena industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor manufaktur andalan bagi perekonomian nasional.

“Balai Besar Industri Agro (BBIA) Kemenperin telah menyusun buku yang bertajuk Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Industri Pangan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Doddy Rahadi.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Paket teknologi pacu produktivitas benih ikan laut

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara menciptakan paket teknologi berupa pompa venturi sederhana untuk memacu produktivitas benih ikan laut.

"Ini diharapkan akan mampu memenuhi suplai benih pada budi daya ikan payau dan laut yang diprediksi akan naik signifikan," kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Peran ekonomi islam dalam pemulihan imbas COVID-19

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan ekonomi Islam berperan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN) imbas pandemi COVID-19 karena mengandung nilai-nilai solidaritas sosial, adil, kolaborasi, serta setara untuk semua.

"Itu semua yang pokok, bahkan lebih penting dan menjadi lebih relevan ketika menghadapi COVID-19 karena pandemi ini tidak hanya ditangani satu pihak, pemerintah saja," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Komoditas ekspor RI berdaya saing tinggi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan komoditas utama ekspor Indonesia memiliki daya saing tinggi yakni ditandai neraca perdagangan semester I-2020 tercatat surplus 8,74 miliar dolar AS.

"Ini sesuatu yang sangat positif di tengah situasi pandemi sekarang. Hal lain yang lebih menggembirakan, surplus perdagangan pada Juli 2020 merupakan yang tertinggi sejak sembilan tahun lalu atau tepatnya Agustus 2011," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Kerja sama dengan Sinovac sebagai transfer teknologi

Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir menegaskan kerja sama PT Biofarma (Persero) dan Sinovac dalam pembuatan vaksin merupakan transfer ekonomi, teknologi, dan pengetahuan.

"Ini adalah kerja sama yang win-win (saling menguntungkan). Biofarma tidak tukang jahit, ada sebuah kesepakatan dengan Sinovac yang namanya transfer knowledge, transfer teknologi," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020