Korban tersesat saat mencari lokasi memancing di sekitar tebing pantai
Banda Aceh (ANTARA) - Tim SAR mengevakuasi seorang pemancing yang tersesat di kawasan pantai tebing Lhok Mata Ie, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh Budiono di Banda Aceh, Jumat, mengatakan korban atas nama Murdani (45), warga Montasik, Kabupaten Aceh Besar.

"Korban tersesat saat mencari lokasi memancing di sekitar tebing pantai Lhok Mata Ie, Kamis (20/8) sekira pukul 18.30 WIB. Namun, setelah mencari lokasi, korban tidak tahu jalan kembali," kata Budiono.

Budiono menyebutkan Basarnas Banda Aceh menerima informasi korban tersesat dari masyarakat pukul 19.35 WIB. Dari informasi tersebut, tim SAR dikerahkan mencari korban ke lokasi.

Baca juga: Tim SAR evakuasi jenazah pemancing di Pantai Lhoknga

Baca juga: Seorang pencari jernang hilang di hutan Aceh Besar


"Satu tim dengan peralatan lengkap bergerak ke lokasi menggunakan perahu karet RIB dengan jarak tempuh kurang dari satu jam. Cuaca saat proses penyelamatan cerah berawan," kata Budiono menyebutkan.

Tiba di lokasi, tim SAR langsung mencari korban. Korban akhirnya ditemukan di tepi tebing pantai Lhok Mata Ie dalam kondisi selamat. Namun, untuk menjangkau korban, harus dilakukan dengan berenang.

Selanjutnya, dua anggota tim SAR mengevakuasi korban dengan cara berenang. Korban dievakuasi dari tepi tebing tersebut menggunakan alat bantu apung ke perahu karet RIB.

"Setelah berhasil dibawa ke atas perahu, korban langsung dibawa ke Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, untuk selanjutnya diserahkan kepada keluarga," kata Budiono.

Baca juga: Dihempas ombak di Perairan Aceh Besar, sebuah perahu motor tenggelam

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020