Jakarta (ANTARA) - Google mengumumkan bahwa ponsel apa pun yang menjalankan Android 11 akan dapat terhubung ke Android Auto.

Dikutip dari The Verge, Jumat, laman dukungan Android Auto yang diperbarui dari Google kini mencatat bahwa "smartphone apa pun dengan Android 11.0" akan dapat terhubung ke Android Auto secara nirkabel.

Selain ponsel Google dan Samsung, yang telah dapat terhubung ke Android Auto, ponsel dari sejumlah produsen teknologi, seperti LG, Motorola dan OnePlus juga akan menerima dukungan untuk layanan tersebut saat final Android 11 resmi dirilis pada akhir tahun ini.

Baca juga: Google batasi penggunaan kamera aplikasi pihak ketiga di Android 11

Baca juga: Huawei jawab keresahan pengguna lama soal pembaruan Google


Namun, dukungan Android 11 untuk Android Auto nirkabel hadir dengan sejumlah persyaratan, yaitu pengguna harus memiliki ponsel dan head unit Android Auto yang mendukung WiFi 5GHz.

Bagi pengguna yang tinggal di Jepang atau Rusia, mereka tidak akan memiliki akses karena menurut Google wilayah tersebut tidak mendukung fitur nirkabel Android Auto.

Bahkan, di Uni Emirat, ada persyaratan tambahan, yakni Google mengatakan ponsel Android di UE yang menggunakan WiFi 5GHz di dalam mobil harus "mematuhi persyaratan peraturan tambahan."

Sementara itu, dikutip dari Phone Arena, negara yang dapat mendukun layanan tersebut antara lain AS, Inggris, Australia, Brasil, Prancis, Jerman, India, Italia, Meksiko, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol dan Taiwan.

Android Auto pada dasarnya mentransfer fitur dan kapabilitas ponsel ke sistem hiburan yang kompatibel denga mobil, sehingga memudahkan pengguna saat berkendara tanpa melewatkan apa yang terjadi pada ponsel mereka.

Aplikasi dan layanan yang tersedia di Android Auto, termasuk WhatsApp, Skype, Facebook Messenger, Spotify dan YouTube Music.


Baca juga: Telegram luncurkan panggilan video di iOS dan Android

Baca juga: Apple dan Google hapus "Fortnite" dari toko aplikasi

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020