Jakarta (ANTARA) - Meskipun sudah menurunkan tim terbaik, Indonesia gagal membalas kekalahan dari tim catur Jerman dan kembali takluk 2,5 - 3,5 pada pertandingan pertama Pool A Divisi Utama Olimpiade Catur Online (FIDE Online Olympiad) 2020, Jumat.

Pada pertemuan pertama di babak keempat Divisi 2 Pool A, Indonesia juga menyerah dengan skor sama dari Jerman. Namun ketika itu, Indonesia tidak menurunkan dua pecatur terbaiknya, GM Susanto Megaranti dan IM Medina Warda Aulia.

Susanto yang diharapkan menyumbang poin justru mengalami kekalahan dari GM Rasmus Svane. Adapun Medina kembali menunjukkan bahwa ia pantas diandalkan Indonesia setelah menang atas WGM Filiz Osmanodja.

Kemenangan Medina menjadi satu-satunya yang diperoleh pecatur Indonesia. 1,5 poin tambahan untuk Indonesia diperoleh dari tiga hasil remis, yakni melalui IM Novendra Priasmoro, IM Gilbert Elroy Tarigan, dan WIM Ummi Fisabilillah.

Baca juga: Ummi menang saat Indonesia ditekuk Bulgaria di olimpiade catur online

Kekalahan dari Jerman membuat langkah Indonesia untuk melaju ke putaran kedua Divisi Utama kian terjal karena selanjutnya akan menghadapi lawan lawan tangguh seperti China, Vietnam, dan Iran.

Pada pertandingan kedua Indonesia akan berhadapan dengan China dan dilanjutkan menghadapi Zimbabwe.

Pada putaran pertama Divisi Utama ini, Indonesia berasa di Pool A bersama Mongolia, Georgia, Jerman, China, Zimbabwe, India Uzbekistan, Iran, dan Vietnam.

Putaran pertama ini terdiri dari 40 negara yang dibagi ke dalam empat pool. Tiga negara terbaik berhak maju ke putaran kedua.

Baca juga: Indonesia targetkan lolos divisi utama Olimpiade catur daring 2020
Baca juga: Indonesia lolos ke grup elit dunia Olimpiade catur online

Berikut hasil lengkap Jerman vs Indonesia

1. GM Rasmus Svane (2644) - GM SusantoMegaranto, (2517) 1 - 0
2. GM Dennis Wagner (2454) - IM Novendra Priasmoro (2312) ½ - ½
3. FM Lara Schulze (2125) - IM Irine Kharisma Sukandar (2381).1 - 0
4. WGM Filiz Osmanodja (2154) - IM Medina Warda Aulia (2344) 0 - 1
5. IM Roven Vogel (2506) - IM Gilbert Elroy Tarigan (2084) ½ - ½
6. FM Jana Schneider, (2138) - WIM Ummi Fisabilillah (2182) ½ - ½

 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020