Asosiasi Media Siber Kaltim ikuti Kongres II AMSI 22-23 Agustus

Asosiasi Media Siber Kaltim ikuti Kongres II AMSI 22-23 Agustus

Ketua AMSI Wenseslaus Manggut saat berbicara dalam webinar deklarasi AMSI Kaltim. Di latar belakang Sekretaris AMSI Kaltim Ahmad Yani dan Ketua AMSI Kaltim Sumarsono. (istimewa)

Menteri Keuangan Sri Mulyani dijadwalkan menjadi pembicara utama
Balikpapan (ANTARA) - Media-media anggota Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalimantan Timur turut menjadi peserta Kongres II AMSI secara virtual pada 22-23 Agustus 2020 bersama 20 anggota AMSI lain dari 21provinsi di Indonesia.

“Menteri Keuangan Sri Mulyani dijadwalkan menjadi pembicara utama,” kata Sekretaris AMSI Kaltim Ahmad Yani di Balikpapan, Jumat (21/8).

Kongres sendiri digelar secara virtual sebab wabah COVID-19 belum berakhir. Sebelumnya, kongres itu direncanakan berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: AMSI Kaltim dideklarasikan, Son Tribun jadi ketua

Menurut Yani, kongres akan membahas berbagai persoalan media siber atau media daring.

Suksesi kepemimpinan juga menjadi hal yang utama dalam agenda, yaitu pemilihan ketua dan sekretaris jenderal dan pembentukan kepengurusan 2020-2023.

“Setelah tiga tahun berdiri dan resmi menjadi konstituen Dewan Pers, tentu saja AMSI masih memerlukan pembenahan dan penguatan organisasi, serta membantu pengurus wilayah membangun ekosistem industri digital di tingkat lokal, demi terciptanya industri media yang sehat dan berkelanjutan,” ujar Ketua AMSI Wens Manggut.

Selama tiga tahun ini, AMSI sudah membentuk kepengurusan di 21 provinsi dari Aceh hingga Papua dan telah pula secara resmi menjadi konstituen Dewan Pers.

Baca juga: AMSI menyiapkan cek fakta cegah hoaks di 18 provinsi

Kongres juga akan mematangkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), dan membahas program untuk tiga tahun ke depan.

Ketua Panitia Pengarah Kongres II AMSI Heri Trianto berharap acara tersebut berjalan lancar dan menghasilkan keputusan terbaik untuk upaya-upaya konkret menjaga keberlanjutan media siber dan bersumbangsih bagi pembenahan ekosistem media digital Indonesia.

Baca juga: Kongres pertama AMSI resmi digelar

AMSI Kaltim saat ini beranggota 14 media siber. Sebagian besar beralamat di Balikpapan, kecuali kaltim.antaranews yang berkantor di Samarinda.

“Sejak dideklarasikan Juni lalu, kami masih dalam tahap sosialisasi pada teman-teman media siber se-Kaltim antara lain apa saja manfaat menjadi anggota AMSI,” kata Yani.

AMSI, kata Yani, akan membantu anggotanya dalam berbagai aspek pemenuhan syarat-syarat media dari Dewan Pers, seperti uji kompetensi untuk jurnalisnya.

Baca juga: AMSI gelar IDC 2019 untuk bangun ekosistem digital

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar