Jakarta (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Pol. Bambang Hendarso Danuri melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Pol. Yusuf Manggabarani menjadi Wakapolri menggantikan Komjen Pol. Makbul Padmanegara.

Pelantikan digelar di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri di Jakarta Selatan, Senin.

Pergantian Wakapolri itu berdasarkan Telegram (TR) Kapolri dengan Nomor Polisi (Nopol) TR/708/XII/2009 tertanggal 30 Desember 2009 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan Di Lingkungan Polri.

Yusuf Manggabarani menggantikan Makbul Padmanegara yang memasuki masa pensiun per 31 Desember 2009.

Pengganti Yusuf Manggarani yang sebelumnya menjabat Inspektur Pengawas Umum (Irwasum) Polri diganti oleh Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. Nanan Sukarna.

Posisi Kadiv Humas Polri diiisi Irjen Pol. Eduard Aritonang yang sebelumnya menjabat salah satu posisi pada Lemhanas. Kapolri juga melantik pergantian Gubernur Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Irjen Pol. Suprapto oleh Brigjen Pol. Agus Wantoro.

Sementara itu, Kapolri juga memberikan kenaikan pangkat kepada perwira tinggi dengan kepangkatan Irjen sebanyak dua orang, Brigjen (empat) dan Komisaris Besar(44).

Kapolri mengatakan Polri mengalami masa masa transisi pada 2010 sehingga perlu menjalankan suatu proses kepangkatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Dari aspek SDM perlu peningkatan untuk mengatasi masalah internal dan eksternal," ujar Jenderal Bambang Hendarso Danuri.

Rencana serah terima jabatan Wakapolri dari Komjen Pol Makbul Padmanegara kepada Komjen Yusuf Manggabarani akan berlangsung pada Rabu (6/1).(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010