Balap Sepeda

Cavendish tak masuk dalam skuat Tour de France 2020

Cavendish tak masuk dalam skuat Tour de France 2020

Mark Cavendish dari Tim Bahrain–McLaren sebelum start etape kedua UAE Cycling Tour dari Hatta ke Hatta Dam pada 24 Februari 2020.(AFP/GIUSEPPE CACACE)

Saya merasa tidak siap untuk Tour de France tahun ini
Jakarta (ANTARA) - Mark Cavendish akan absen di Tour de France untuk tahun kedua secara beruntun setelah timnya yakni Bahrain McLaren mencoret nama pebalap Inggris Raya itu dari skuat balapan.

Cavendish mengikuti jejak pebalap top dunia lain yang juga tak akan tampil di balapan tahun ini, yaitu Chris Froome dan Geraint Thomas dari tim Ineos.

Dilansir dari Reuters, Sabtu, Cavendish dianggap sebagai salah satu pebalap terbaik di Tour. Ia telah memenangi 30 etape di Tour de France. Namun terakhir kali ia menangkan pada 2016.

Baca juga: Froome dan Thomas dikeluarkan dari skuat Ineos untuk Tour de France

“Saya merasa tidak siap untuk Tour de France tahun ini. Ini adalah rute tersulit yang pernah saya lihat di sepanjang karier saya,” kata Cavendish dalam video yang diunggah di Twitter.

“Saya adalah pebalap yang memerlukan persiapan lama sebelum berkompetisi. Dan saya belum mempersiapkannya karena COVID-19.”

Manajer Bahrain McLaren Rod Ellingworth pun memahami kondisi tersebut. Ia mengatakan bahwa beberapa bulan terakhir telah menjadi tantangan bagi semua pebalap karena dituntut agar tetap fit mempersiapkan diri menuju perlombaan di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Panitia hilangkan gadis podium di Tour de France

Bahrain McLaren pun memutuskan untuk menunjuk Mikel Landa sebagai pemimpin Tour de France tahun ini yang akan dimulai di Nice pada 29 Agustus.

“Beberapa bulan terakhir ini adalah tantangan bagi semua pebalap. Menjadi sebuah penghargaan bagi mereka yang kuat karena telah terpilih masuk ke dalam susunan pebalap untuk,” kata Ellingworth.

“Rute tahun ini sangat cocok untuk Mikel, dan penampilannya yang tangguh. Kami pilih pebalap pendukungnya yang siap untuk tur.”

Baca juga: Panitia hilangkan gadis podium di Tour de France

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar