Surabaya (ANTARA) - Forum Silaturahmi Bu Nyai dan Pengasuh Majelis Taklim se-Surabaya, Jawa Timur, berikrar mendukung dan mendoakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi menjadi Wali Kota Surabaya meneruskan Tri Rismaharini.

"Pak Eri Cahyadi merupakan anak birokrasi Ibu Risma selama 17 tahun terakhir, sehingga sudah memahami tantangan, solusi, dan apa yang harus dilakukan ke depan," kata sesepuh Bu Nyai se-Surabaya Hj Ainur Rohmah saat acara doa bersama Bu Nyai se-Surabaya, Sabtu.

Ainur Rohmah menyampaikan melihat perkembangan situasi politik menghadapi Pilkada Surabaya, maka forum silaturrahim Bu Nyai Se-Surabaya perlu menyatakan sikap.

Ia juga mengaku bersyukur kepada Allah SWT karena Kota Surabaya dipimpin oleh Wali Kota Risma yang telah bekerja keras membangun Kota Surabaya dan sangat mencintai warganya selama 10 tahun ini.

Baca juga: Kader PDIP solid menangkan Cawali Surabaya pilihan Megawati
Baca juga: Di Jatim juga kental politik kekerabatan pada pilkada
Baca juga: PDIP tunda pengumuman pasangan calon Wali Kota Surabaya


"Kami juga mendukung seluruh ikhtiar Ibu Tri Rismaharini untuk menjaga kelangsungan pembangunan dan menjaga kebaikan di Kota Surabaya selama ini," katanya.

Nyai Ainur menambahkan figur yang paling cocok meneruskan kepemimpinan Wali Kota Risma harus memenuhi kriteria paham situasi birokrasi demi kelangsungan pembangunan.

"Selain itu, juga harus bagian dari keluarga besar Nahdlatul Ulama. Bukan hanya sekadar mengaku NU tetapi terlahir, dibesarkan di keluarga NU dan telah lama aktif menjalin komunikasi dengan NU baik secara struktural maupun kultural," kata Pengasuh Pondok Pesantren Putri Annuriyah Wonocolo, Surabaya itu.

Nyai Ainur menuturkan berdasarkan kriteria tersebut figur yang paling cocok meneruskan kepemimpinan Wali Kota Risma adalah Eri Cahyadi. Selain itu, Forum Silaturrahim Bu Nyai se-Surabaya ini juga telah lama mengenal Kepala Bappeko Surabaya tersebut.

Ia menjelaskan Eri Cahyadi juga merupakan keponakan dari almarhum KH Abdulllah Ubaid, Nazir Masjid Ampel Surabaya. Selain itu, Eri juga aktif menghadiri dan mendukung kegiatan-kegiatan NU, baik struktural maupun kultural.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, forum silaturahmi Bu Nyai se-Surabaya menyatakan mendukung penuh atas pencalonan Eri Cahyadi sebagai Wali Kota Surabaya. Kami juga bersiap untuk mengonsolidasi seluruh kekuatan jaringan pesantren, majelis taklim, jamiyah yasin dan tahlil se-Surabaya untuk memenangkan Eri Cahyadi sebagai Wali Kota Surabaya," ujarnya.

Sementara itu, Eri Cahyadi merupakan salah satu kandidat bakal Cawali Surabaya di PDIP. Dalam waktu dekat DPP PDIP akan mengeluarkan rekomendasi bakal pasangan calon yang akan maju di Surabaya. Pendaftaran peserta Pilkada Surabaya 2020 akan dibuka September.
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020