Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala Toronto Raptors, Nick Nurse, dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik NBA musim 2019/20, demikian diumumkan laman resmi NBA, Minggu dini hari WIB.

Raihan itu membuat Nurse jadi pelatih pertama yang meraih gelar serupa di dua liga basket Amerika Serikat, mengingat pada 2011 ia dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik NBA G League atau liga pengembangan NBA, saat masih menangani Iowa Energy (kini Iowa Wolves).

Nurse, yang musim lalu membimbing Raptors meraih gelar juara NBA pertamanya, mendapat 470 poin dalam jajak pendapat 100 wartawan dan pemegang hak siar NBA, yang 90 di antaranya menempatkan ia di peringkat pertama.

Baca juga: Raptors di ambang semifinal Timur setelah menang gim ketiga lawan Nets

Pelatih berusia 53 tahun itu menyisikan Mike Budenholzer (Milwaukee Bucks) dan Billy Donovan (Oklahoma City Thunder) yang masing-masing finis di urutan kedua dan ketiga jajak pendapat.

Jajak pendapat itu didasarkan pada hasil pertandingan musim reguler NBA 2019/20 yang berlangsung hingga 11 Maret 2020 sebelum tertangguhkan karena pandemi COVID-19.

Dalam periode tersebut, Nurse berhasil mengantarkan Raptors membukukan 46 kemenangan dan hanya kalah 18 kali (46-18), yang merupakan rekor terbaik kedua di Wilayah Timur NBA sekaligus ketiga di seluruh liga.

Baca juga: Pelatih Blazers bilang Lillard akan main lawan Lakers
Baca juga: Clippers memimpin 2-1 atas Mavericks usai menangi gim ketiga 130-122


Raihan tersebut dicatatkan Raptors kendati center utama mereka, Marc Gasol, harus absen dalam 28 pertandingan karena cedera serta mereka kehilangan bintang Kawhi Leonard yang memilih hijrah ke Los Angeles Clippers.

Sepanjang musim ini, Nurse juga sudah dua kali meraih gelar Pelatih Terbaik Bulanan pada Oktober/November serta Januari, setelah ia mengantarkan Raptors mencatatkan rekor kemenangan beruntun baru berupa 15 laga dalam periode 15 Januari s.d. 10 Februari.

Raptors saat ini tengah unggul 3-0 dalam seri putaran pertama playoff NBA atas Brooklyn Nets dan berpeluang melempangkan jalan ke semifinal Timur bila memenangi gim keempat di The Field House, Orlando, Florida, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Baca juga: Celtics kembali tekuk 76ers, tambah keunggulan jadi 3-0
Baca juga: Jazz rebut gim ketiga untuk balik ungguli Nuggets 2-1

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020