Jakarta (ANTARA) - Novendra dan Ummi menyumbang poin penuh untuk membawa regu catur Indonesia menahan imbang tim kuat Iran 3-3 pada pertandingan ketujuh Pool A Divisi Utama Olimpiade Catur Online (FIDE Online Olympiad) 2020, Minggu.

Dengan tambahan satu poin dari hasil imbang itu, Indonesia mengumpulkan 6 poin dan sementara turun ke posisi enam, tetapi masih menjaga asa untuk mencapai target menduduki posisi tujuh besar.

"Kalo lolos emang berat. Kami berpikir melampaui target Ketum GM Utut Adianto yg mengatakan saat menerima tim bahwa bertengger di posisi tujuh saja sudah hebat," kata kapten tim Indonesia Kristianus Liem.

Baca juga: Sikat Vietnam, Indonesia di posisi lima Olimpiade Catur Online
Baca juga: Indonesia bermain imbang dengan Usbekistan pada Olimpiade Catur Online


IM Gilbert Elroy Tarigan menjadi penentu keberhasilan Indonesia menahan imbang Iran. Gilbert mampu menahan remis GM Amin Tabatabae di meja Lima setelah lawan yg unggul satu bidak dalam permainan akhir terkena remis otomatis karena pengulangan tiga kali bangunan di posisi yg sama.

Sebelumnya Indonesia meraih 2,5 poin melalui Novendra yang mengalahkan GM Ehsan Ghaem Maghami di meja dua dan Ummi yg mengalahkan Anahita Zahedifar di meja enam. Satu remis dibuat IM Yoseph Taher atas GM Parham Maghsoodloo di meja pertama

Sementara itu Di pool A, China dan India yang kokoh di dua besar sudah memastikan diri lolos ke babak selanjutnya meski masih menyisakan dua pertandingan lagi. Satu tempat lagi kemungkinan direbut Jerman, karena saingan terdekat mereka Iran baru mengumpulkan nilai tujuh.

Hasil lengkap pertandingan ketujuh
Indonesia vs Iran
1. IM Yoseph Theolifus Taher (2295) - GM Parham Maghsoodloo (2532) ½ - ½
2. IM Novendra Priasmoro (2312 ) - GM Ehsan Ghaem Maghami (2566) 1-0
3. IM Irine Kharisma Sukandar (2382) - IM Sarasadat Khademalsharieh (2393) 0-1
4. IM Medina Warda Aulia (2344) - WIM Mobina Alinasab (2143) 0-1
5. IM Gilbert Elroy Tarigan (2084) - GM M.amin Tabatabaei (2381) ½ - ½
6. WIM Ummi Fisabilillah (2182) - WFM Anahita Zahedifar (1961) 1-0

Baca juga: Ummi menang saat Indonesia ditekuk Bulgaria di olimpiade catur online

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020