Dinkes : Pasien sembuh COVID-19 di Lampung capai 294

Dinkes : Pasien sembuh COVID-19 di Lampung capai 294

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Minggu. (23/8/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyatakan pasien COVID-19 yang telah selesai isolasi atau sembuh di wilayah ini mencapai 294 orang dari 362 kasus konfirmasi positif virus corona.

"Hari ini kita ada penambahan pasien yang selesai isolasi sebelas orang, sehingga total pasien sembuh dari COVID-19 saat ini berjumlah 294," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Minggu.

Baca juga: Jumlah pasien COVID-19 sembuh di Lampung bertambah satu

Ia menyebutkan ke-11 pasien positif COVID-19 yang sembuh tersebut merupakan warga Kota Bandarlampung setelah menjalani isolasi selama 10 hari.

Reihana mengatakan hingga kini jumlah kasus konfirmasi COVID-19 di Lampung berjumlah 362 setelah pada hari ini terdapat penambahan enam orang yang terinfeksi virus corona.

"Penambahan kasus konfirmasi hari ini ada enam orang dimana tiga orang berasal dari Kota Bandarlampung dan tiga lainnya dari Kabupaten Lampung Utara," katanya.

Ia menjelaskan bahwa pasien dari Bandarlampung dengan nomor 357, seorang perempuan berusia 60 tahun, yang bersangkutan memiliki keluhan pegal-pegal, batuk dan sesak.

"Pada Kamis (13/8) melakukan tes cepat dengan hasil reaktif dan Sabtu (22/8) melakukan tes usap dengan hasil positif dan saat ini sedang isolasi mandiri," jelasnya.

Baca juga: Satu PDP meninggal dunia di RSUDAM dinyatakan positif COVID-19

Kemudian, pasien nomor 358 seorang laki-laki berusia 28 tahun yang bersangkutan memiliki riwayat pernah menerima tamu yang berasal dari Surabaya, Provinsi Jawa Timur pada Sabtu (26/7).

"Pada Kamis (30/7) yang bersangkutan melakukan tes cepat dengan hasil reaktif dan pada Sabtu (22/8) dilakukan tes usap dengan hasil positif," ujarnya.

Pasien dengan nomor 359, kata dia, seorang laki-laki usia 59 tahun, dengan riwayat pernah berkontak dengan anaknya yang datang dari Jakarta, kemudian yang bersangkutan melakukan tes cepat dengan hasil reaktif dan langsung dilakukan tes usap yang hasilnya positif COVID-19.

Ia menyebutkan bahwa pasien ini juga memiliki keluhan batuk, dan hilangya Indra penciuman dan sedang di isolasi di rumah sakit swasta di Bandarlampung.

"Untuk tiga pasien dari Kabupaten Lampung Utara merupakan satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anaknya. Mereka memiliki kontak erat dengan pasien positif COVID-19 yang berdomisili di Jakarta, saat ini ketiganya sedang menjalani isolasi mandiri," paparnya.

Baca juga: Dinkes Lampung catat tidak ada penambahan kasus COVID-19

Baca juga: Dinkes: 30 orang pasien COVID-19 di Lampung dinyatakan sembuh


Reihana mengatakan hingga saat ini kasus suspek di Lampung berjumlah 414 dengan rincian kasus lama berjumlah 410 dan kasus baru empat orang, sedangkan untuk kasus kematian di provinsi ini 14 orang.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jokowi larang mudik untuk tekan penularan COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar