Jakarta (ANTARA) - Klub promosi Lorient meraih tiga poin sempurna setelah mengalahkan Strasbourg 3-1 saat tampil di markas sendiri, Stade du Moustoir, dalam laga pekan pertama Liga Prancis pada Minggu malam WIB.

Lorient sempat tertinggal lebih dulu 0-1 lewat Mehdi Chahiri pada menit ke-30. Tim besutan Christope Pelissier itu lantas bangkit dan mampu mencetak tiga gol masing-masing lewat Yoane Wissa (51'), Adrian Grbic (60'), dan Pierre Hamel (87').

Kemenangan ini mengantarkan Lorient duduk di posisi kedua klasemen sementara pekan pertama Liga Prancis. Sementara Strasbourg harus mengawali pekan pertama di posisi 19, demikian catatan Liga Prancis.

Baca juga: Laga pembuka Ligue 1 antara Bordeaux vs Nantes imbang tanpa gol

Sementara itu tim papan bawah musim lalu, Nimes berpesta gol ke gawang tim tamu, Brest, 4-0 dalam laga yang digelar di Stade des Costieres.

Gol Nimes dibukukan Kevin Denkey (8') dan Birger meling (31') pada paruh pertama. Kemudian Roman Philippoteaux memperbesar keunggulan pada menit ke-69. Memasuki menit ke-77, Brest harus tampil dengan 10 orang setelah Brendan Chardonnet mendapat kartu merah.

Keunggulan pemain membuat Nimes semakin nyaman dan mengunci kemenangan. Gol terakhir Nimes sekaligus mengakhiri laga dicetak Moussa Kone pada menit ke-84. Mereka berhak menempati posisi pertama karena unggul aggregat gol.

Baca juga: Lille ditahan imbang 1-1 oleh tamunya Rennes

Laga penutup pekan pertama mempertemukan Nice melawan klub promosi Lens. Nice harus bersusah payah untuk bisa mengamankan tiga poin dari tamunya dengan skor akhir 2-1.

Lens sempat unggul lebih dulu melalui gol penati Gael Kakuta pada menit 11, sebelum dibalikkan oleh dua gol Amine Gouiri pada menit 23 dan 75. Liga Prancis pekan pertama sendiri menyisakan tiga laga lagi namun harus ditunda karena berbagai alasan.

Baca juga: Angers pecundangi Dijon 1-0 dalam laga perdana Liga Prancis

Berikut hasil Liga Prancis pekan pertama:
Sabtu WIB
Bordeaux vs Nantes 0-0
Dijon vs Angers 0-1 (Ismael Traore 22')

Minggu WIB
Lille vs Rennes 1-1 (Jonathan Bamba 40'; Damien Da Silva 74')
Monaco vs Reims 2-2 (Axel Disasi 45+2', Benoit Badiashile 55'; Boulaye Dia 5', El Bilal Traore 21')
Lorient vs Strasbourg 3-1 (Yoane Wissa 51', Adrian Grbic 60'p, Pierre Yves Hamel 87'; Mehdi Chahiri 30')
Nimes vs Brest 4-0 (Denkey 8', Birger Meling 31', Romain Philippoteaux 69', Moussa Kone 84')
Nice vs Lens 2-1 (Amine Gouiri 23', 75'; Gael Kakuta 11'p)

Baca juga: Pandemi COVID-19 hantui dimulainya musim baru Liga Prancis

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020