Kemarin, Bio Farma terima vaksin COVID-19 hingga KA bandara beroperasi

Kemarin, Bio Farma terima vaksin COVID-19 hingga KA bandara beroperasi

Anggota staf menunjukkan sampel vaksin COVID-19 nonaktif di Sinovac Biotech Ltd, Beijing, China (11/42020). ANTARA FOTO/Xinhua/Zhang Yuwei/pras.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting menghiasi pemberitaan ekonomi pada Minggu (21/8/2020) kemarin mulai PT Bio Farma (Persero) menerima bulk atau konsentrat ready to fill (RTF) vaksin COVID-19 dari Sinovac sebanyak 50 juta dosis pada November 2020 hingga PT KAI (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta kembali mengoperasikan kereta api bandara menuju Yogyakarta International Airport (YIA).

Berikut lima berita ekonomi yang masih layak disimak pada hari ini.

1. PLN siap pasok listrik Ibu Kota Baru

Perusahaan Listrik Negara (PLN) berhasil memberikan tegangan pertama (energize) pada tiga proyek infrastruktur ketenagalistrikan yaitu Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) Embalut, GI 150 kV New Samarinda dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Embalut – New Samarinda untuk keandalan kebutuhan listrik Ibu Kota Baru.

Tiga proyek ini merupakan upaya strategis PLN untuk meningkatkan keandalan listrik Kalimantan Timur yang dipersiapkan menjadi ibu kota baru Indonesia mulai tahun 2024.

“Penguatan sistem infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah Kalimantan Timur ini merupakan dukungan kesiapan Ibu Kota Negara yang baru serta perkuatan kota penyangga di sekitarnya,” tutur General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Kalimantan Bagian Timur (Kalbagtim), Muhammad Ramadhansyah dalam informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta.

Tautan Artikel
​​​
2. Bio Farma pastikan terima konsentrat vaksin Covid-19

PT Bio Farma dipastikan menerima bulk atau konsentrat Ready to Fill (RTF) vaksin COVID-19 dari Sinovac sebanyak 50 juta dosis pada November 2020 sampai dengan Maret 2021 mendatang.

Kepastian itu ditandai dengan penandatanganan Prelimenary Agreement of Purchase and Supply of Bulk Production of COVID-19 Vaccine, yang dilaksanakan pada 20 Agustus 2020 di Hainan, Tiongkok.

Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPEN) Erick Thohir menyampaikan bahwa dalam perjanjian itu Bio Farma tidak hanya sekedar mengolah dan mendistribusikan saja, tetapi juga ada unsur transfer teknologi.

Tautan Artikel

3. Dieng Culture Festival akan diselenggarakan secara virtual

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menyebutkan kegiatan Dieng Culture Festival (DCF), yang direncanakan berlangsung September 2020, akan diselenggarakan secara virtual guna menghindari kerumunan selama pandemi COVID-19.

"Agenda wisata tahunan Dieng Culture Festival pada tahun ini akan diselenggarakan secara virtual guna mencegah kemungkinan penyebaran COVID-19," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Agung Yusianto di Banjarnegara, Jateng.

Tautan Artikel

4. Garuda Indonesia buka rute baru Palembang-Yogyakarta

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia membuka rute penerbangan baru dari Kota Palembang, Sumatera Selatan, menuju Yogyakarta dan Medan, Sumatera Utara.

Rilis pers yang diterima Antara, Sabtu, menyebutkan rute Palembang (PLM) – Yogyakarta (YIA) dan Medan (KNO) – Yogyakarta (YIA) melalui Palembang (PLM) ini mulai beroperasi Jumat (21/8), yakni hanya empat kali dalam sepekan untuk Senin, Rabu, Jumat, Minggu.

Tautan Artikel

5. KA Bandara Yogyakarta mulai beroperasi

PT KAI (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta kembali mengoperasikan kereta api bandara menuju Yogyakarta International Airport (YIA) mulai Minggu, setelah sempat berhenti beroperasi selama sekitar lima bulan akibat pandemi COVID-19.

"Hingga 31 Agustus, dijadwalkan ada empat perjalanan kereta bandara menuju YIA setiap harinya," kata Manajer Humas KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta.

Tautan Artikel

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dua vaksin COVID-19 Thailand masuki tahap uji coba pada manusia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar