Prajurit Korpaskhas gelar latihan terjun payung taktis di Kupang

Prajurit Korpaskhas gelar latihan terjun payung taktis di Kupang

Atraksi terjun payung taktis di atas langit Kota Kupang, NTT. (Antara/HO-Humas Lanud El Tari Kupang)

Kupang (ANTARA) - Sebanyak 20 prajurit Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI Angkatan Udara, Lanud El Tari Kupang, mengelar latihan terjun payung taktis dan free fall di atas langit kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin.

Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel (pnb) Bambang Juniar Djatmiko kepada wartawan di Kupang mengatakan bahwa terjun taktis dan free fall tersebut merupakan latihan penyegaran untuk menjaga kesehatan prajurit di masa Pandemi COVID-19 ini.

"Ini hanya latihan rutin untuk menjaga kesehatan prajurit-prajurit kami, selama masa pandemi ini agar tetap sehat," katanya.

Baca juga: Komando Operasi Khusus TNI gelar latihan penanggulangan terorisme
Baca juga: Kodam Iskandar Muda gelar latihan senjata berat kendaraan tempur
Baca juga: Tiga KRI TNI AL latihan manuver taktis di Perairan Makassar


Ia mengatakan bahwa latihan terjun payung dan free fall itu menggunakan pesawat Hercules 1338 milik TNI Angkatan Udara yang juga sering digunakan untuk latihan terjun payung.

Pantauan ANTARA sebelum puluhan personel prajurit Korpaskhas itu mengelar latihan terjun payung bersama, mereka melakukan tes cepat kepada kru pesawat dan kepada para penerjun.

Danlanud mengatakan bahwa selain bagian dari latihan penyegaran untuk menjaga kebugaran, latihan bersama itu juga bagian menyiapkan para prajurit untuk selalu siap siaga.

"Terjun payung ini agar prajurit kami selalu siap siaga jika diperlukan. Apalagi kita ini kan berada di daerah perbatasan yang kita tak pernah tahu kapan pasukan itu akan dibutuhkan," tutur dia.

Tak hanya latihan terjun payung, dalam atraksi itu juga para prajurit melakukan simulasi pembebasan dalam rangka pembinaan kekuatan personel Korpaskhas.

Sebelumnya pada pagi hari juga, personel Korpaskhas itu juga sudah mengelar latihan terjun payung dan free fall dan menjadi tontonan yang menarik bagi warga di Kota Kupang.
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

105 prajurit Kopaskhas latihan pengamanan udara di Aceh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar