Google Luncurkan Ponsel "Pembunuh" iPhone

Google Luncurkan Ponsel "Pembunuh" iPhone

(istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Raksasa dalam bisnis online, Google, meluncurkan produk ponsel perdananya yang dijuluki Nexus One dan karena kecanggihannya oleh banyak kalangan disebut sebagai "iPhone killer" (pembunuh iPhone), smartphone buatan Apple yang lebih dulu ada di pasaran.

Nexus One diluncurkan, Selasa kemarin. Ponsel yang didesain dan dibuat oleh perusahaan Taiwan HTC yang menjadi mitra Google itu, kabarnya akan dipasarkan melalui sebuah toko online baru milik Google, demikian ditulis dalam laman Technology Review hari ini.

Bukan saja memasarkan Nexus One, melalui toko online juga dijual berbagai peralatan masa depan yang berbasis Android, perangkat lunak sistem operasi mobile punyanya Google.

Konsumen dapat membeli Nexus One secara online dan memanfaatkan sebuah rencana layanan jaringan T-mobile.

Sebutan untuk ponsel itu adalah superphone (handphone super). Mario Queiroz, seorang vice president manajemen produk di Google mengatakan, perusahaan ini ingin membuat sebuah telefon untuk mendemonstrasikan apakah mungkin sebuah ponsel bisa menjalankan platform Android.

Ditekankan bahwa Nexus One merupakan yang pertama dalam serangkaian seri produk. Vice president of mobile platforms Google menegaskan bahwa ponsel itu dijual memalui toko online Google dengan akan selalu mendemonstrasikan pengalaman terbaik dengan Google.

Nexus One menyertakan sebuah prosesor gigahertz, yang lebih cepat dari punya smartphone berprosesor tercepat yang sudah di pasar hari ini, Droid Verizon contohnya yang berprosesor 550 megahertz, dan iPhone yang diperkirakan memiliki prosesor berkecepatan sekitar 600 megahertz.

"Dengan perangkat keras ini, kami mengira kami sudah mendapatkan setengah dari kisah," kata senior product manager Google, Eric Tseng.

Menurut Tseng, Nexus One prosesor memungkinkan ponsel ini bekerja dalam multi aplikasi secara simultan tanpa terjadi pelambatan, dan mendukung sebuah framework 3-D berkat Android versi 2.1.

Tseng mendemonstrasikan beberapa aplikasi mempertontonkan tampilan grafis 3-D Nexus One, termasuk fitur versi lengkap Google Earth. Ponsel ini akan memandu anda dengan software mapping (peta) populer dalam tampilan tiga dimensi, menjelajah area dan memperbesar tampilannya.

"Kami sungguh ingin mendorong kapabilitas 3-D yang anda dapat dengan chip-chip berkualitas tinggi hingga batas akhirnya," katanya.

Tseng juga menunjukkan beberapa kemampuan suara canggih, dibuat dengan software suara (voice) yang sudah Google sediakan sebelumnya. Dalam Android 2.1, setiap text field akan menerima input suara, dengan akan memungkinkan user mengirim e-mail, pesan text, dan memperbarui (update) Twitter dan Facebook tanpa menyentuh ponsel ini.

Pekerjaan itu akan ditangani dengan server Google. Tseng menambahkan bahwa perangkat lunak suara tetap akurat untuk setiap pengguna (user).
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Blokir ponsel BM tidak mengundang khawatir masyarakat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar