Saya yakin sekitar 100 sampai 125 orang pasti berada di dalam ketika apartemen ambruk
Mumbai (ANTARA) - Sedikitnya 100 orang dikhawatirkan terjebak dalam reruntuhan setelah apartemen lima lantai di kota industri India barat ambruk pada Senin, demikian anggota dewan.

Tidak semua dari sekitar 200 penghuni apartemen di Mahad, sekitar 165 km selatan Ibu Kota Mumbai, berada di gedung saat insiden terjadi pada sore, kata anggota dewan setempat Bharatshet Maruti Gogawale kepada Reuters.

"Saya yakin sekitar 100 sampai 125 orang pasti berada di dalam ketika apartemen ambruk," kata Gogawale, yang berada di lokasi kejadian, kepada Reuters.

Apartemen tersebut terdiri atas sekitar 47 flat, menurut departemen kepolisian Negara Bagian Maharashtra barat.

Baca juga: Satu orang tewas akibat bangunan ambruk di Mumbai
Baca juga: 14 orang tewas akibat bangunan ambruk di India


Otoritas belum bisa memastikan penyebab ambruknya apartemen dan jumlah korban, namun sekitar 30 penghuni berhasil diselamatkan oleh tim penyelamat dan warga sekitar.

Tayangan televisi menunjukkan puing-puing dengan warga setempat dan polisi sedang berupaya menjangkau mereka yang terjebak. Tayangan itu juga memperlihatkan sedikitnya satu ambulans meninggalkan lokasi kejadian.

Kepala Menteri Maharashtra, Uddhav Thackeray, meyakinkan pemerintah setempat untuk semua kemungkinan bantuan, menurut kantornya melalui Twitter.

Tiga tim dari Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF) telah dikerahkan ke lokasi kejadian, katanya.

Bangunan tua reyot dan konstruksi ilegal di India sering kali ambruk, biasanya selama musim hujan lebat.

Lebih dari 1.200 orang tewas dalam 1.161 insiden bangunan ambruk di seluruh India sepanjang 2017, menurut data terbaru National Crime Records Bureau.

Sumber: Reuters

Baca juga: Gedung enam lantai ambruk di India, 20 orang terjebak reruntuhan
Baca juga: Tiga orang tewas, sembilan cedera akibat bangunan ambruk di India

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020