TGPP Aceh Barat : Empat desa jadi kluster baru penyebaran COVID-19

TGPP Aceh Barat : Empat desa jadi kluster baru penyebaran COVID-19

Prajurit TNI dari Koramil 09 Samatiga, Kodim 0105 Aceh Barat, menyamar sebagai virus corona untuk melakukan sosialisasi bahaya COVID-19 di masyarakat setempat, Kamis (20/8/2020). ANTARA/HO-Koramil 09 Kodim 0105 Aceh Barat/aa.

Di beberapa desa di Aceh Barat sudah ditemukan warga positif
Meulaboh (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (TGPP) COVID-19 Kabupaten Aceh Barat menyatakan empat desa di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Barat menjadi kluster baru penyebaran COVID-19, seiring meningkatnya warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah ini.

Ada pun desa yang diduga kini menjadi klaster transmisi lokal penyebaran virus mematikan tersebut masing-masing Desa Lapang, Desa Ujong Baroh dan Desa Padang Seurahet, Kecamatan Johan Pahlawan. Sedangkan satu desa lainnya yaitu Desa Gunong Kleng, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat.

"Di beberapa desa di Aceh Barat sudah mulai ditemukan adanya warga yang positif terinfeksi virus corona,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat yang juga Tim TGPP setempat, Syarifah Junaidah di Meulaboh, Selasa.

Menurut dia, hal tersebut diduga terjadi karena adanya transmisi lokal sesama masyarakat di daerah ini, sehingga virus tersebut diduga menjangkiti warga setelah sebelumnya diduga terdapat kontak antara penderita dengan warga lainnya.

Adanya klaster baru tersebut diharapkan tidak dianggap remeh oleh masyarakat karena hal ini sangat berbahaya, kata Syarifah Junaidah.

Baca juga: Perawat di Aceh Barat meninggal dunia diduga terinfeksi COVID-19

Baca juga: Warga-nakes positif COVID-19, rawat inap RSUD Aceh Barat Daya ditutup


Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah, agar tetap menerapkan protokol kesehatan diantaranya seperti memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, sering mencuci tangan, serta menjaga imunitas tubuh.

Agar pandemi tersebut tidak semakin meluas, TGPP Aceh Barat saat ini juga terus menggencarkan razia masker kepada masyarakat yang berada di luar rumah, agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan ketika beraktivitas sehari-hari.

“Bagi masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker, tentu akan ada tindakan tegas dari TGPP Aceh Barat,” katanya.

Baca juga: Dokter spesialis positif COVID-19 di Aceh Barat

Baca juga: Satu dokter positif COVID-19, RSUD Meulaboh-Aceh tetap buka layanan

 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar