KAI Cirebon catat peningkatan penumpang 70 persen

KAI Cirebon catat peningkatan penumpang 70 persen

Stasiun Cirebon. Pada bulan Agustus 2020 jumlah penumpang yang menggunakan jasa transportasi kereta api di wilayah Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, naik 70 persen dibandingkan pada bulan sebelumnya. (ANTARA/Khaerul Izan)

Diharapkan animo masyarakat untuk memilih kereta api saat bepergian terus meningkat
Cirebon (ANTARA) - Pada bulan Agustus 2020 jumlah penumpang yang menggunakan jasa transportasi kereta api di wilayah Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, naik 70 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Di bulan Agustus ini ada peningkatan jumlah penumpang sebanyak 70 persen dibandingkan bulan sebelumnya (Juli 2020)," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif di Cirebon, Selasa.

Luqman mengatakan selama bulan Juli 2020 setelah diberlakukannya adaptasi kebiasaan baru (AKB) jumlah pengguna jasa transportasi kereta api terdapat 10.272 orang.

Sedangkan pada bulan Agustus 2020 sampai dengan tanggal 20 saja, lanjut Luqman, tercatat ada sebanyak 17.467 pengguna jasa yang memanfaatkan transportasi masal tersebut.

Menurutnya peningkatan jumlah penumpang itu, juga dikarenakan jumlah perjalanan KA yang melewati Daop 3 Cirebon terus meningkat secara bertahap.

"Diharapkan animo masyarakat untuk memilih kereta api saat bepergian terus meningkat," ujarnya.

Pada bulan Agustus ini terdapat 69 KA jarak jauh dan lima KA Perkotaan yang beroperasi, dengan demikian, sudah 54 persen dari total 134 KA penumpang reguler yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon.

"Untuk perjalanan KA Argo Cheribon dengan relasi Cirebon-Gambir pp, juga sudah mengoperasikan 5 KA dari total 18 KA dengan jadwal yang akan dijalankan setiap akhir pekan," katanya.

Dia menambahkan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa yang akan menggunakan KA, KAI bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia menyediakan layanan tes cepat COVID-19 dengan harga terjangkau di Stasiun Cirebon.

KAI kata Luqman, tetap berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dalam perjalanan seperti mensyaratkan surat keterangan bebas COVID-19.

"Wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang," katanya.

Baca juga: KAI Daop 3 Cirebon operasikan 74 kereta pada libur panjang pekan ini
Baca juga: KA Argo Cheribon kembali beroperasi mulai 14 Agustus

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KAI Daop 3 Cirebon siapkan mekanisme manajemen AMUS

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar