Jakarta (ANTARA) - Yayasan Al Maghfiroh karyawan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) memberikan donasi dalam bentuk satu unit ambulans dan 2.000 paket sembako yang secara simbolis diserahkan oleh Direktur Umum dan SDM BPJAMSOSTEK Naufal Mahfudz kepada perwakilan dari Rumah Zakat di Jakarta, Selasa.

Bantuan paket sembako selanjutnya akan didistribusikan kepada peserta dan masyarakat di wilayah Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta yang terdampak COVID-19. Ambulans akan dioperasikan oleh Rumah Zakat untuk melakukan kegiatan kemanusiaan, tanggap darurat, dan membantu masyarakat secara gratis.

Dana yang digunakan dalam pemberian bantuan tersebut bersumber dari zakat, infaq, dan sedekah karyawan Muslim BPJAMSOSTEK di seluruh Indonesia yang dikumpulkan melalui Yayasan Al Maghfiroh BPJAMSOSTEK.

“Zakat, infaq, sedekah tersebut rutin dihimpun oleh Yayasan Al Maghfiroh dari karyawan BPJAMSOSTEK dan disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan, namun untuk beberapa bulan ini target penyaluran difokuskan kepada masyarakat pekerja rentan yang terdampak wabah COVID-19,” ucap Naufal.

Pihaknya juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari salah satu nilai budaya BPJAMSOSTEK, Iman ETHIKA, yaitu nilai budaya perusahaan yang terdiri atas Ekselen, Teladan, Harmoni, Integritas, Kepeduliian dan Antusias.

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 telah memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat di Indonesia. Tak sedikit dari mereka yang pendapatan sehari-harinya menurun atau bahkan kehilangan mata pencaharian.

Ketua Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK Guntur Witjaksono yang turut hadir dalam acara tersebut berharap agar bantuan ini mampu meringankan beban sosial ekonomi masyarakat, khususnya mereka yang terdampak, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sebelumnya BPJAMSOSTEK melalui Yayasan Al Maghfiroh dan Rumah Zakat juga telah memberikan bantuan paket sembako dan kebutuhan sehari-hari sebanyak 1.500 paket yang didistribusikan ke beberapa kota di Indonesia.

"Saya sangat mengapresiasi kepedulian insan BPJAMSOSTEK untuk membantu sesama, semoga apa yang kita lakukan ini bukan hanya mengimplementasikan nilai budaya organisasi menjadi amalan yang baik bagi kita, dan semoga semua mendapatkan berkah dari Allah SWT," ujar Guntur.

Chief Marketing Officer Rumah Zakat Ivan Nugraha berterima kasih atas kerja sama yang telah terjalin selama tiga tahun ini, dan pihaknya memastikan bahwa bantuan yang telah diberikan oleh insan BPJAMSOSTEK akan disalurkan kepada para mustahik.

"Apa yang telah dilakukan insan BPJAMSOSTEK ini patut menjadi contoh bagi karyawan di institusi lain sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama," ucap Irvan.

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020