Jakarta (ANTARA) - Manajer Liverpool Juergen Klopp memuji sejawatnya di Bayern Munich Hansi Flick menyusul keberhasilan tim Jerman itu menjuarai Liga Champions pada Minggu, untuk melengkapi raihan treble pada 2019/2020.

Bayern menang 1-0 atas Paris St Germain di Lisbon, untuk menambahi trofi Liga Champions kepada raihan gelar liga dan Piala Jerman yang sudah diamankan sebelumnya.

"Sedikit sulit untuk menulis sejarah hanya dalam delapan bulan," kata Klopp seperti dikutip Reuters, Selasa.

Baca juga: Bayern juara Liga Champions, berkat gol tunggal Coman kontra PSG

"Bayern memiliki skuat yang sensasional. Mereka memiliki pemain-pemain kelas dunia di semua posisi, semua berada di usia yang tepat," tambahnya.

Flick mengambil alih posisi pelatih di Bayern saat tim Bavaria itu mengalami kesulitan pada November. Ia kemudian melengkapi pencapaian indahnya, untuk membawanya masuk dalam grup elit para pelatih yang sukses memenangi treble.

Bayern tidak terkalahkan di semua kompetisi pada 2020.

Klopp berpendapat bahwa tim Jerman sedikit beruntung dengan pengaturan jadwal yang dimilikinya.

Baca juga: Flick lega Bayern mampu jawab persoalan hentikan lini depan PSG

Liga Jerman merupakan liga sepak bola utama yang dilanjutkan pada Mei setelah tertangguhkan lebih dari dua bulan.

"Oleh sebab itu, Bayern berada di momen yang tepat untuk menjadi tim papan atas. Tidak ada keluhan terhadap hal itu," ucap mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Klopp adalah pelatih terakhir yang mampu membawa tim selain Bayern untuk menjuarai Liga Jerman, yang ia lakukan bersama Dortmund pada 2012. Setelah itu Bayern menyabet delapan gelar liga secara berturut-turut.

"Saya tahu beberapa tim di Inggris dapat mengalahkan Bayern pada hari yang baik, namun bahkan jika tim-tim itu berada di sana (Liga Champions), Bayern masih dapat memenanginya karena kualitas mereka," pungkas Klopp.

Baca juga: Keputusan Flick mainkan Coman tuai pujian
Baca juga: Davies: Siapa yang percaya seorang Kanada juara Liga Champions?
Baca juga: Daftar juara Liga Champions, Bayern samai koleksi trofi Liverpool

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020