Berbagai tahapan protokol kesehatan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus
Depok (ANTARA) - Giant Ekstra Margo City Kota Depok, Jawa Barat, kembali dibuka untuk umum guna memenuhi kebutuhan harian pelanggan setelah memastikan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk Diky Risbianto usai melakukan pemantuan langsung tenan Giant Ekstra Margo City di Depok, Selasa mengatakan disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan merupakan kunci untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Peninjauan kesiapan pembukaan Giant Ekstra juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Depok Zamrowi, dan juga pihak manajemen dari Mal Margo City Depok.

Dalam mempersiapkan pembukaan kembali gerainya, manajemen Giant memastikan telah melakukan seluruh tahapan protokol kesehatan melalui kerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Disperindag Kota Depok, Satpol PP dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok serta melibatkan vendor yang sudah tersertifikasi untuk melakukan tahapan proses dekontaminasi dan disinfektan.

“Berbagai tahapan protokol kesehatan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus, bahkan selama 10 hari tutup gerai, pembersihan secara rutin tetap dilakukan agar gerai siap untuk dibuka kembali,” jelas Diky.

Diky mengatakan proses dekontaminasi dan disinfektan sendiri telah dilakukan sebanyak dua kali untuk seluruh area toko Giant Margocity pada 5-6 Agustus 2020 dan 22 Agustus 2020 melalui berbagai tahapan proses sesuai dengan yang dianjurkan dinas terkait.

Seperti pemilahan produk untuk disimpan dengan metode double layer wrapping, selanjutnya produk seperti buah-buahan dan sayur dibuang untuk meminimalisir kontak dengan wabah.

Ia menjelaskan proses dekontaminasi juga dilakukan pada semua ruangan tahap 1 dengan chemical precept – MSDS, dan packing product yang berada di rak/gondola.

Disinfektan juga dilakukan pada seluruh area serta deep cleaning semua hard surfaces, pemberian disinfectant cleaner secara bertahap untuk mesin pendingin serta lakukan produk sanitizer di dalamnya.

Sejak awal Giant telah berkomitmen untuk patuh pada prosedur penanganan dan antisipasi penyebaran virus COVID-19 sesuai peraturan Pemerintah di setiap gerainya, termasuk Giant Ekstra Margo City.

Sebelumnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok Jawa Barat melakukan penutupan sementara Giant Margo City mulai 15 hingga 25 Agustus 2020 karena adanya seorang pegawainya yang positif tertular COVID-19.

Idris yang juga menjabat sebagai Wali Kota Depok mengatakan penutupan sementara ini bertujuan untuk mencegah penularan kasus COVID-19 kepada masyarakat luas.

Baca juga: GTPP Depok tutup sementara Giant Margo City akibat COVID-19
Baca juga: Wali Kota Depok terbitkan SE berisi 11 poin protokol kesehatan pribadi

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020