Pembangunan perumahan yang di dukung dengan infrastruktur yang baik merupakan bentuk kolaborasi yang tepat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian PUPR dalam peringatan Hari Perumahan Nasional menyatakan semangat dari Proklamator Republik Indonesia Mohammad Hatta untuk mendorong penyediaan rumah yang layak huni bagi masyarakat Indonesia harus diteladani.

"Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) diperingati setiap tahun guna mengingatkan nasehat dari Bapak Perumahan Indonesia yakni Bung Hatta bahwa penyediaan perumahan bagi masyarakat sangat penting untuk dilaksanakan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Menurut Basuki Hadimuljono, penyediaan papan sudah dipikirkan oleh para pendiri bangsa Indonesia pada Kongres Perumahan Rakyat Sehat di Bandung pada tanggal 25-30 Agustus 1950 lalu. Urusan penyediaan papan ini berdasarkan pemikiran Bung Hatta akan diselesaikan dalam jangka waktu 100 tahun.

Untuk itu, pemerintah menetapkan tanggal 25 Agustus diperingati sebagai Hari Perumahan Nasional (Hapernas).


Baca juga: Sambut Hari Perumahan Nasional, pemerintah optimistis wujudkan Program Sejuta Rumah


Sementara itu, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid usai melaksanakan Ziarah ke Makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Selasa, mengungkapkan, para pemangku kepentingan bidang perumahan harus meneladani semangat Bung Hatta yang juga sebagai Bapak Perumahan Indonesia untuk mendorong pembangunan rumah untuk masyarakat di Indonesia.

Pada kegiatan tersebut juga dihadiri perwakilan keluarga Bung Hatta yakni Meutia Hatta, Gemala Hatta, dan Halida Hatta serta sejumlah pejabat Eselon II dan III di lingkungan Kementerian PUPR. Selain itu, juga dilaksanakan doa bersama serta tabur bunga di pusara makam Bung Hatta.

Khalawi menerangkan, berdasarkan arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pemerintah melalui Kementerian PUPR akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur dan perumahan.


Baca juga: PUPR: 2.750 rumah tak layak huni di KSPN bakal jadi penginapan

Baca juga: Pemerintah bantu nelayan miliki rumah layak huni


Pada tahun ini tema yang diangkat dalam Peringatan Hapernas adalah Rumah #1 (Rumah Pertama) di mana pemerintah ingin agar setiap warga negara Indonesia memiliki rumah pertamanya yang sesuai impiannya serta mewujudkan keluarga-keluarga Indonesia yang sejahtera.

"Pembangunan perumahan yang di dukung dengan infrastruktur yang baik merupakan bentuk kolaborasi yang tepat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucap Khalawi.

Berbagai kegiatan dilaksanakan Kementerian PUPR bersama para mitra kerja di sektor perumahan guna menyemarakkan Peringatan Hapernas Tahun 2020 antara lain sejumlah webinar, dan kegiatan Bedah Buku “Sejarah Perumahan dan Kamus Istilah Perumahan” bekerja sama dengan ITB pada tanggal 19 Agustus 2020.

Kemudian, Ziarah Hapernas ke Makam Bapak Muhammad Hatta sebagai Bapak Perumahan Rakyat pada tanggal 25 Agustus 2020 di TPU Tanah Kusir, dan Pameran Perumahan Virtual Expo pada tanggal 25 Agustus sampai dengan 29 Agustus yang diikuti oleh 13 bank dan ratusan Pengembang Perumahan Bersubsidi.


Baca juga: 396 rumah tak layak huni dapat bantuan dari Kementerian PUPR

Baca juga: PUPR: Lanjutkan semangat Bung Hatta wujudkan perumahan rakyat

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020