Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan Forum Anak merupakan salah satu pelaksanaan peran anak sebagai pelopor dan pelapor serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan.

"Kunci keberhasilan Forum Anak dalam menjalankan peran dan fungsinya adalah adanya kemauan dan kemampuan anak untuk berperan sebagai pelopor dan pelapor serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan," kata Bintang saat Penganugerahan Data Forum Anak (DAFA) Award 2020 yang diadakan secara daring diikuti dari Jakarta, Selasa.

Baca juga: Menteri PPPA: Anak Indonesia harus perjuangkan empat hak dasarnya

Bintang mengatakan Forum Anak merupakan wadah partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

Forum Anak adalah salah satu bentuk upaya pemerintah dalam melaksanakan pemenuhan hak-hak dasar anak dan pelindungan khusus anak yang diamanatkan dalam Konvensi Hak Anak dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Saya mendorong Forum Anak Nasional dan seluruh Forum Anak di Indonesia untuk terus giat belajar, berkreasi, berinovasi, berprestasi, serta berpartisipasi aktif dalam memajukan negara kita, Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Forum Anak diharap jadi pelopor-pelapor dalam pelestarian lingkungan

Baca juga: Anak-anak surati Presiden peringati 30 tahun Konvensi Hak Anak


Bintang mengatakan Forum Anak Nasional adalah mitra pemerintah yang penting dan berharga untuk mewujudkan pembangunan nasional yang inklusif, implementatif, dan berperspektif pada pengalaman hidup anak.

Bintang berharap Forum Anak dapat bekerja sama dengan wadah dan organisasi serupa. Dengan merangkul lebih banyak pihak, hasil yang akan dicapai dalam upaya pelindungan dan pemenuhan hak anak akan lebih maksimal.

"Bersama-sama kita jaga semangat anak-anak agar dapat mengembangkan potensi, menumbuhkan tenggang rasa dan empati, serta mengasah kemampuan di mana pun mereka berada," katanya.

Menurut Bintang, anak-anak yang sehat lahir dan batin, cerdas, semangat, dan berakhlak akan tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas di masa depan untuk mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045.

Baca juga: Forum Anak dorong kebijakan ketat lindungi anak dari iklan rokok

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020