PLN Sulsel optimalkan drone bangun transmisi 150 Kv

PLN Sulsel optimalkan drone bangun transmisi 150 Kv

Optimalkan teknologi drone kejar progres pembangunan fisik jaringan transmisi di Makassar, Selasa (25/8/2020). ANTARA Foto/HO-Humas PLN UIP Sulbagsel

Progres pembangunan jaringan transmisi sudah mencapai 95 persen dan diupayakan rampung pada akhir Agustus 2020
Makassar (ANTARA) - PT PLN Unit Pelaksana Proyek Pembangkit & Jaringan Sulawesi Selatan (UPP Kitring Sulsel) mengoptimalkan teknologi drone (pesawat nirawak) untuk mengejar progres pembangunan fisik jaringan transmisi bertegangan 150 kilo Volt (Kv) yang terbentang dari Punagayya, Jeneponto ke Tanjung Bunga, Makassar.

"Progres pembangunan jaringan transmisi sudah mencapai 95 persen dan diupayakan rampung pada akhir Agustus 2020," kata Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Pembangkit & Jaringan Sulawesi Selatan (UPP Kitring Sulsel) Husni Wardana di Makassar, Selasa.

Dengan beroperasinya jaringan ini, lanjut dia, diharapkan daya dari PLTU Punagaya dapat dioptimalkan, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Sulsel pada umumnya dan Kota Makassar sebagai pintu timur Indonesia.

Saat ini di Kota Makassar,sedang dibangun kawasan Centre Point of Indonesia (CPI) yang nantinya akan menjadi ikon baru bagi Indonesia bagian tengah dan timur.

Tentunya, kawasan ini akan membutuhkan daya dan keandalan listrik yang memadai. Oleh karena itu, perampungan pembangunan jaringan transmisi ini sangat mendesak mengingat listriknya juga akan menjangkau kawasan tersebut.

“Hari ini sedang dilakukan penarikan kabel konduktor terhadap empat menara terakhir dari 178 total menara. Kami menggunakan teknologi drone, untuk mempermudah dan mempercepat proses penarikan kabel,” imbuh Manager Bagian Proyek Jaringan PLN UPP Kitring Sulsel Adrian Djamaludin.

Menurut dia, petugas PLN yang menjadi operator drone guna pengerjaan jaringan transmisi sepanjang 118 Kilo meter sirkuit (Kms) ini telah dibekali dengan sertifikat penerbang pesawat nirawak yang diterbitkan oleh Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI).

Termasuk dalam Proyek Strategis Nasional, pembangunan jaringan transmisi Punagaya - Tanjung Bunga ini diharapkan dapat berjalan lancar dan tepat waktu melalui dukungan dari seluruh lapisan masyarakat maupun pemerintah setempat.

Baca juga: PLN padamkan 70 gardu di Jeneponto dan Bantaeng akibat banjir
Baca juga: PLN berhasil sambung sistem kelistrikan Sulsel dan Sultra

 
Optimalkan teknologi drone kejar progres pembangunan fisik jaringan transmisi di Makassar, Selasa (25/8/2020). ANTARA Foto?HO/Humas PLN UIP Sulbagsel

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar