LinkAja buka fitur zakat BAZNAS

LinkAja buka fitur zakat BAZNAS

Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo berbicara dalam Webinar dan Konferensi Pers terkait Peran Keuangan Sosial Syariah dan Filantropi dalam Membangun Indonesia dengan Prinsip Build Back Better, Jakarta, Kamis (6/8/2020). (ANTARA/Katriana)

berharap ekosistem syariah akan semakin berkembang
Jakarta (ANTARA) - Layanan keuangan digital LinkAja membuka fitur pembayaran zakat daring Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sehingga diharapkan pengumpulan dana sosial semakin gencar.

"Terima kasih kepada layanan syariah LinkAja yang melibatkan BAZNAS dalam upaya pengembangan ekosistem syariah dengan mengeluarkan fitur layanan syariah," kata Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan fitur tersebut akan semakin memudahkan umat Islam membayar zakat, infak, sedekah maupun kurban ke BAZNAS lewat layanan keuangan digital syariah LinkAja.

Adapun peresmian layanan zakat LinkAja itu dilakukan pada Selasa (25/8) dengan disaksikan secara daring oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Menteri Agama Fachrul Razi, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Direktur Eksekutif Manajemen Eksekutif KNEKS Ventje Rahardjo dan Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjadja.

Baca juga: BAZNAS-UNDP kolaborasi kembangkan ekonomi untuk kurangi kemiskinan

Bambang Sudibyo mengatakan keterlibatan BAZNAS kemitraan itu sebagai salah satu komitmen BAZNAS dalam mendukung percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Kemitraan itu, kata dia, sejalan dengan upaya BAZNAS dalam mengembangkan sistem digital untuk pembayaran zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya (DSKL).

"Lewat kerja sama ini diharapkan BAZNAS mampu mendukung kolaborasi transaksi digital secara halal sesuai syariah dalam penghimpunan ZIS yang memiliki dampak lebih luas memajukan sistem keuangan syariah di Indonesia," katanya.

Baca juga: BAZNAS buka layanan pembayaran kurban di Alfamidi serta Dan+Dan

Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjadja, mengatakan pihaknya menyadari penguatan ekosistem syariah berbasis digital merupakan tanggung jawab bersama sehingga sinergi berbagai pihak lintas sektor berperan penting.

"LinkAja berharap ekosistem syariah akan semakin berkembang sehingga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat di seluruh daerah Indonesia sehingga literasi masyarakat dan inklusi keuangan digital syariah akan meningkat dan mendorong pemulihan ekonomi nasional," kata dia.

Adapun kerja sama BAZNAS dengan Layanan Syariah LinkAja sudah terjalin sejak Ramadhan dan Idul Kurban tahun 2019 dalam memberikan kemudahan transaksi zakat bagi para muzaki melalui metode SNAP (QR Code) ataupun fitur donasi melalui aplikasi.

Baca juga: BAZNAS: Tingkatkan zakat dengan menggiatkan bisnis
Baca juga: DANA gandeng Baznas dan Dompet Dhuafa untuk pembayaran zakat

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Rayakan ultah, BUMN luncurkan LinkAja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar