Pangdam minta anggota TNI sosialisasikan protokol kesehatan

Pangdam minta anggota TNI sosialisasikan protokol kesehatan

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi. (Antarabengkulu.com/Nur Muhamad)

Rejang Lebong (ANTARA) - Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi saat berkunjung ke Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Rabu siang, meminta anggota TNI yang ada di wilayah itu membantu pemerintah daerah menyosialisasikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Saya sudah sampaikan kepada seluruh prajurit, mereka adalah spion atau orang-orang terdepan untuk mendorong, menggugah, mempengaruhi dan membangkitkan masyarakat supaya punya kesadaran pribadi untuk mematuhi protap kesehatan ini," kata dia di sela-sela kegiatan di Makodim 0409/Rejang Lebong.

Dia menambahkan, upaya pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat seperti yang dianjurkan dalam protokol kesehatan ini ialah dengan selalu menggunakan masker.
Dengan menggunakan masker bila yang bersangkutan sakit sehingga tidak akan menularkannya kepada orang lain, sebaliknya dengan menggunakan masker juga akan menghindarkan mereka tertular penyakit dari orang lain.

Protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 itu sendiri, kata dia, sangat penting dan harus dipatuhi secara bersama-sama guna memutus mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut sehingga diharapkan nantinya bisa kembali menghidupkan geliat perekonomian masyarakat.

Baca juga: Untuk cegah karhutla, Pangdam minta Sumsel-Jambi selalu koordinasi

Baca juga: Kawasan terpadu Suku Anak Dalam diserahkan TNI ke Pemkab Sarolangun


Sedangkan untuk penindakan pelanggar protokol kesehatan kata Pangdam, merupakan kewenangan masing-masing pemerintah daerah. Masing-masing pemda harus menyiapkan peraturan terkait dengan sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan, jika sudah ada peraturannya maka nantinya yang akan melakukan penertiban adalah Satpol-PP masing-masing daerah.

"Bila sudah ada peraturan daerah maka yang memberikan sanksi adalah Satpol PP sebagai penegak perda, sedangkan kita dari TNI sifatnya hanya membantu saja," ujar dia lagi.

Sementara itu, kunjungan dirinya ke Kodim 0409/Rejang Lebong kali ini dalam rangka meninjau dan memberikan arahan kepada jajaran di bawah mengingat dirinya baru saja dilantik menjadi Pangdam II/Sriwijaya pada Agustus lalu.

Selain itu, dia juga melihat perkembangan pembangunan markas komando Brigif 8 Kodam II/Sriwijaya di Kecamatan Padang Ulak Tanding yang rencananya tahun depan akan segera difungsikan dan seterusnya akan memberikan arahan kepada prajurit Yonif 141 Jaya Yudha Curup serta pada keesokan harinya berkunjung Korem 041 Garuda Mas Bengkulu.*

Baca juga: Panglima Kodam II/Sriwijaya: TMMD buka akses daerah terpencil

Baca juga: Kodam Sriwijaya perketat pos penjagaan PSBB di dua kota

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penanganan COVID-19, dari denda pelanggar prokes hingga vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar