Kami sangat mendukung promosi yang dilakukan melalui platform berbasis digital
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto meluncurkan Indonesia Virtual Showcase di Singapura, yakni pameran produk-produk lokal Indonesia yang ditampilkan secara virtual di http://showcase.indonesiastore.sg.

"Saya mengucapkan selamat kepada KBRI Singapura atas peluncuran Indonesia Virtual Showcase. Kami sangat mendukung promosi yang dilakukan melalui platform berbasis digital. Kami yakin, saat ini platform digital akan memainkan peran yang lebih signifikan dalam pemulihan ekonomi," kata Mendag Agus Suparmanto lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Kamis.

Platform tersebut memfasilitasi eksportir Indonesia untuk mengembangkan pasar di Singapura dan pasar global. Selain itu membantu importir Singapura menemukan produk Indonesia yang berkualitas dan eksportir Indonesia yang kredibel.

Baca juga: RI ekspor 3 kontainer tempat tidur ke fasilitas COVID-19 di Singapura

Mendag Agus Suparmanto menjelaskan beberapa upaya yang dilakukan pemerintah guna meningkatkan perdagangan digital regional.

Salah satunya dengan ikut berpartisipasi dalam ASEAN Online Sale Day (AOSD). Selain itu pemerintah juga telah bekerja sama dengan salah satu unicorn Indonesia, yaitu Bukalapak, untuk mempromosikan produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia di Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan.

Baca juga: Kementan catat ekspor kentang ke Singapura-Malaysia meningkat

"Saat ini kami telah memfasilitasi produk Indonesia di platform laman pemasaran (marketplace) Amazon dengan nama Archipelago. Selain itu kami juga gencar menggalakkan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) sebagai bentuk dukungan kepada UKM agar mau mempromosikan produknya di platform unicorn Indonesia," ujar Mendag.

Platform itu diharapkan dapat semakin mempererat hubungan bisnis kedua negara sahabat Indonesia-Singapura.

Pada kesempatan tersebut Mendag Agus Suparmanto juga mempromosikan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-35 yang rencananya akan diselenggarakan secara virtual pada 10 November 2020.

Baca juga: Indonesia ekspor beras premium asal Cianjur ke Singapura

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020