Jakarta (ANTARA News) - Stasiun TV kanal Animax akan menayangkan Malam Anugerah 7th Video Game Awards (VGA) 2009 pada Sabtu, 16 Januari 2010 pukul 20.00 WIB, demikian siaran pers yang diterima ANTARA, Senin.

VGA 2009 adalah penghargaan tahunan yang ketujuh kali diselenggarakan sejak 2003, untuk mengapresiasi dan merayakan pencapaian luar biasa dari sudut kreativitas, kecanggihan, karya seni, teknis, terobosan teknologi, musik, penampilan dan kinerja studio rumah produksi, seniman, kru dan para pendukung industri video `game` internasional selama 2009.

Acara ini juga memberikan sekilas gambaran tentang masa depan industri `gaming`, termasuk peluncuran perdana sejumlah `game` paling besar dan ditunggu penggemar di seluruh dunia pada 2009-2010.

"Video game salah satu bentuk hiburan paling disukai kaum remaja dan dewasa di seluruh dunia dan merupakan industri hiburan yang berkembang sangat pesat," kata Gregory Ho, Vice President dan General Manager Animax Asia.

Ia menyatakan, VGA 2009 merupakan penghargaan yang sangat penting bagi industri video game yang selama ini terinspirasi anime genre hiburan dan telah menjadikan Animax saluran hiburan pilihan kaum muda dewasa ini.

"Karena itu acara tersebut khusus kami persembahkan untuk begitu banyak fans berat video game di antara 40 juta penonton Animax," katanya.

Pada penyelenggaraan VGA tahun ketujuh ini, Dewan Penasihat VGA (VGA Advisory Council), yang terdiri dari para ahli dari industri media video game seperti GameTrailers.com, Game Informer, USA Today, Wired, Penny Arcade, GameSpot dan IGN, memilih video game, studio, pemeran dan kru terbaik, yang karyanya dirilis antara 2 Desember 2008 dan 23 November 2009.

Penghargaan terbagi dalam 29 kategori, yakni Game Terbaik, Studio Terbaik, Game Musik Terbaik, Game Menembak Terbaik, Game Role-Playing Terbaik, Game Pertarungan Terbaik, Game Olah Raga Individu Terbaik, Game Olah Raga Tim Terbaik, Game Adaptasi Film atau Acara TV Terbaik, Game Mengemudi Terbaik, Game Aksi Petualangan Terbaik, Grafis Terbaik, Soundtrack Terbaik, Suara Terbaik.

Selain itu, Game Handheld Terbaik, Game Komedi Terbaik, Game XBOX 360 Terbaik, Game Wii, Game PS3 Terbaik, Game PC Terbaik, Skor Orisinil Terbaik, Game Multiplayer Terbaik, Penampilan Terbaik oleh Aktor dan Aktris Manusia, Game dengan Susunan Pemain Terbaik, Game Unduhan Terbaik, Downloadable Content Terbaik, Game Independen Terbaik, dan Game Paling Dinanti di Tahun 2009.

Malam penganugerahan telah diselenggarakan Spike TV pada 12 Desember 2009 di The Event Deck @ LA Live di Los Angeles, AS, namun tidak disiarkan secara langsung ke seluruh dunia.

Animax mendapatkan hak siar untuk memberikan kesempatan bagi para pecinta game di berbagai negara Asia menyaksikan acara tersebut pada 16 Januari 2010.

Momen yang paling tidak bisa dilupakan dari acara ini adalah saat musisi peraih 25 Grammy Award, Stevie Wonder, hadir di panggung untuk mengumumkan The Beatles: Rock Band sebagai Best Music Game of 2009 (Game Musik Terbaik 2009).

Stevie Wonder mendapatkan sambutan "standing ovation" (berdiri dan bertepuk tangan) selama tiga menit dari para undangan, sebelum kemudian ia menantang industri gaming menciptakan video game yang khusus diciptakan untuk para penyandang cacat.

Momen lain yang juga sangat berkesan adalah ketika juara dunia tinju kelas berat Mike Tyson bersama para bintang acara reality show MTV "Jersey Shore" mempersembahkan penghargaan "Best Shooter" (gaming menembak terbaik) untuk Call of Duty: Modern Warfare 2.

Para pengembang dan rumah produksi gaming harus mengakui keunggulan Sony Computer Entertainment dan Naughty Dog yang mendapatkan anugerah "Game of the Year" untuk UNCHARTED 2: Among Thieves karya mereka, yang mencetak hit di seluruh dunia.

Game tersebut, yang penghargaannya diserahkan oleh nomine Oscar, Jake Gyllenhaal, juga dinobatkan sebagai Best PS3 Game (Game PS3 Terbaik) dan Best Graphics (Grafis Terbaik).

Call of Duty: Modern Warfare 2 berbagi dengan X-Men Origins: Wolverine Uncaged Edition untuk membawa pulang penghargaan "Game of the Year" urutan kedua.

Sebelumnya, Call of Duty: Modern Warfare 2 mendapatkan Best Shooter dan Best Multi-Player Game, sedangkan X-Men Origins: Wolverine Uncaged Edition membawa pulang penghargaan Best Cast.

Sejumlah selebriti papan atas Hollywood pun kebagian penghargaan.

Jack Black yang mengisi suara karakter Eddie Riggs dalam game Brutal Legend membawa pulang penghargaan Suara Terbaik (Best Voice), sementara Hugh Jackman menggondol penghargaan ?Penampilan Terbaik oleh Aktor Manusia dalam Video Game? berkat aksinya yang gemilang sebagai Wolverine dalam game X-Men Origins: Wolverine Uncaged Edition.

Jackman mengalahkan aktor Hollywood lainnya seperti Bill Murray (Dr. Peter Venkman dalam game Ghostbusters: The Video Game), Samuel L. Jackson (Afro Samurai/Ninja Ninja dalam game Afro Samurai), Shia LaBeouf (Sam Witwicky game Transformers: Revenge of the Fallen), dan Vin Diesel (Richard B. Riddick dalam game The Chronicles of Riddick: Assault on Dark Athena).

Megan Fox (Mikaela Banes dalam game Transformers: Revenge of the Fallen) mendapatkan penghargaan ?Penampilan Terbaik oleh Aktris Manusia dalam Video Game?, mengalahkan Eliza Dushku (Rubi Malone dalam WET), Kristen Bell (Lucy Stillman dalam Assassin`s Creed 2) dan Tricia Helfer (Dare dalam Halo 3: ODST).

Momen lain yang seru adalah penampilan Snoop Dogg dengan single terbarunya yang berjudul ?I Want to Rock?, dan band The Bravery yang mengguncang panggung dengan ?Slow Poison,? dan ?I Have Seen the Future.?

Artis lain yang hadir sebagai bintang tamu di antaranya Olivia Wilde, Kristen Bell, Felicia Day, Green Day, Tony Hawk, Tricia Helfer, Forrest Griffin, Alyssa Milano, Zachary Quinto, dan para pemain serial komedi "Blue Mountain State", Alan Ritchson, Darin Brooks dan Chris Romano.

Pada Malam Anugerah Video Game Awards 2009 juga diluncurkan untuk pertama kali 12 game terbaru yang paling dinantikan penggemar selama setahun terakhir, di antaranya Halo: Reach - seri game terbaru dari titel video game yang mencetak hit di seluruh dunia dan merupakan prequel dari trilogi `Halo`.

Game produksi Bungie dan Microsoft Game Studios itu dapat diakses melalui konsol Xbox dan akan diedarkan resmi pada musim semi 2010.

Sebelas game lain yang juga diluncurkan perdana adalah UFC Undisputed 2010, Tron: Evolution, Medal of Honor, Prince of Persia: The Forgotten Sands, Crackdown 2, The Sequel to Batman: Arkham Asylum, Spec Ops: The Line, Green Day Rock Band, Deadliest Warrior: The Game, True Crime, dan Star Wars: The Force Unleashed 2.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010