Manfaat air beras untuk kesehatan kulit wajah

Manfaat air beras untuk kesehatan kulit wajah

Ilustrasi beras (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Air beras disebut-sebut sebagai salah satu produk paling efektif untuk perawatan kulit di Korea Selatan.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa air beras memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut karena mengandung vitamin A, C, dan E.

Baca juga: Air beras, rahasia kulit cerah Sungjae BTOB

Selain itu air beras juga mengandung antioksidan yaitu Ferulic acid. Asam ini dikenal karena sifat anti-penuaannya, dan juga mendukung keefektifan vitamin A, B, C, dan E.

Air beras ini juga mengandung allantoin, yang mampu menenangkan dan mempercepat penyembuhan kulit yang terluka.

Ada dua cara untuk membuat air beras. Keduanya sama-sama efektif dan bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah, terutama bila rutin digunakan pada wajah di setiap pagi.

Cara pertama adalah dengan merebus beras dalam air. Rasio yang disarankan adalah setengah cangkir beras dengan 2 cangkir air bersih untuk mendapatkan hasil maksimal dari satu kali rebusan.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah beras harus dibilas sebelum Anda merebusnya, untuk menghilangkan kotoran. Setelah mendidih, tuang ke dalam wadah penyimpanan dan akan bertahan kurang lebih seminggu.

Cara kedua adalah ambil setengah cangkir beras dalam mangkuk. Cuci bersih kemudian rendam dalam 2 cangkir air bersih.

Setelah beberapa jam, tiriskan beras dan pindahkan air ke nampan es batu lalu bekukan. Setiap pagi, ambil satu es dan pijat lembut pada wajah.

Manfaat air beras
Air beras dapat digunakan sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, serta dapat berfungsi sebagai krim alami yang mengobati kulit kemerahan akibat sinar matahari.

Air beras juga sangat baik untuk kulit sensitif, karena secara alami menenangkan peradangan kulit, ruam dan membantu dalam mengobati jerawat serta mengencangkan pori-pori.

Tidak sampai di situ, antioksidan yang terkandung dalam air beras dapat membantu menghilangkan bintik-bintik penuaan gelap, dan meminimalkan kerusakan radikal bebas dari lingkungan.

Kandungan vitamin serta mineral alami dalam air beras, juga mampu membantu mengurangi hiperpigmentasi, sehingga dapat meratakan warna kulit dan mencerahkan warna kulit.


Baca juga: Penyebab bau mulut, penumpukan sisa makanan hingga kawat gigi

Baca juga: 9 produk kosmetik yang sebenarnya tak berguna

Baca juga: Rahasia kulit cantik Lula Kamal

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polres Madiun kampanye protokol kesehatan dengan wayang kulit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar