Olahraga delapan menit ala Patricia Gouw

Olahraga delapan menit ala Patricia Gouw

Selebritas Patricia Gouw (Instagram.com/patriciagouw)

Jakarta (ANTARA) - Model sekaligus presenter Patricia Gunawan atau akrab disapa Patricia Gouw termasuk sosok yang memandang pentingnya berolahraga demi menjaga kebugaran tubuhnya, terlebih di masa adaptasi kebiasaan baru akibat pandemi COVID-19 saat ini.

Dia, terinspirasi dari sang nenek yang masih bugar di usia 80 tahun, membagikan gerakan olahraga selama delapan menit untuk Anda.

Hal pertama yang dilakukan, pemanasan berupa jalan di tempat selama satu menit.

Baca juga: "Talk test", indikator kapasitas tubuh saat berolahraga

Baca juga: Jenis olahraga yang aman selama berpuasa

"Jangan lupa pemanasan karena penting sekali. Pemanasan, jalan di tempat semenit. Divariasikan saja gerakan jalannya, supaya kaki meregang," ujar dia dalam acara virtual bertajuk ‘Rejuven8 with VIT8+", Jumat.

Setelahnya, mulailah menggerakan bagian kepala mulai dari memutarnya sebanyak delapan kali hitungan, mengangkat bagian dagu ke atas dan ke bawah masing-masing delapan kali.

Usai kepala, lakukan gerakan merentangkan tangan kanan dan kiri ke depan masing-masing sebanyak delapan kali, angkat lengan dengan posisi siku menekuk ke belakang leher lalu tahan sebanyak delapan hitungan.

Beralihlah pada kaki. Berdirilah tegak lalu tekuk lutut kanan dan angkat setinggi perut lalu tahan delapan hitungan. Lakukan gerakan yang sama untuk lutut kiri. Kemudian, tekuk lutut kaki kanan, gerakan ke bagian belakang sembari dipegang tangan selama delapan hitungan dan ulangi untuk kaki kiri.

"Lalu mulai workout. Ini terinspirasi sama nenekku yang bugar sampai usianya 80 tahun," tutur Patricia.

Lakukan gerakan mengangkat tangan kanan dan kiri hingga sejajar bahu selama 30 detik. Setelahnya lakukan squat, saat posisi turun tahan empat hitungan lalu naik. Lakukan gerakan ini empat kali.

Setelahnya, lakukan gerakan lunges. Berdirilah dengan kaki dan bahu sejajar, taruh tangan di pinggang. Ambil langkah ke depan dengan kaki kanan dan turunkan bagian bawah tubuh hingga paha kanan menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini delapan kali dan ulangi menggunakan kaki kiri, paha kiri.

"Enggak usah cepat-cepat, yang penting bener," kata Patricia.

Setelahnya, jangan lupa meluruskan kaki lalu melakukan pendinginan.

"Lurusin kaki supaya enggak varises," ujar dia.

Selain memandang pentingnya berolahraga, dia juga menjaga asupan makanan dan minumannya demi terjaganya sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Jaga "mood" selama hamil dengan rajin olahraga

Baca juga: Rambut hingga kuku bisa beritahu jika Anda kebanyakan berolahraga

Baca juga: Sehat belum tentu bugar, kenali perbedaannya

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tingkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah sakit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar