pihaknya telah dipercaya sejak awal untuk mensupervisi dan mendampingi PD Dharma Jaya dalam Pengembangan produk DJ Food
Jakarta (ANTARA) - BUMD DKI Jakarta PD Dharma Jaya dan Mitra Usaha Merah Putih akan mengoptimalkan nilai tambah dari bahan baku hewani dalam rangka mengembangkan produk makanan kaleng DJ Food yang terdiri dari kornet, daging sapi, ikan sarden, dan daging ayam.

Chairman Mitra Usaha Merah Putih (Mitra Ikan Merah Putih, Mitra Unggas Merah Putih, dan Mitra Ternak Merah Putih) Wahyu Taqwa Dhie mengatakan sebagai unit kemitraan usaha di bawah bendera Blambangan Group, pihaknya telah dipercaya sejak awal untuk mensupervisi dan mendampingi PD Dharma Jaya dalam pengembangan produk DJ Food.

Baca juga: Anies: DJ Food diharap tingkatkan konsumsi protein

"Blambangan Group melalui Kemitraan Usaha Merah Putih telah bahu-membahu melakukan supervisi dan pendampingan terhadap lahirnya branding utama produk pangan DJ Food milik PD Dharma Jaya mulai dari desain branding, desain label hingga pemenuhan administrasi izin edar," kata Wahyu di Balai Kota DKI, Jumat.

Wahyu menambahkan semua ini tidak terlepas dari strategi praktis Direktur Utama PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman yang mengoptimalkan nilai tambah bahan baku hewani seperti yang diungkapkan sebelumnya.

Baca juga: Sudin: Penampungan ayam di Kampung Rawa langgar perda

"Jadi, bahan baku itu diolah dan dijadikan produk makanan kemasan secara siap saji dan siap santap. Tantangan tersebut akhirnya dapat diterjemahkan oleh kami dalam menghasilkan produk pangan olahan yang berkualitas," ujar Wahyu.

Sinergi ini, tidak hanya mengeluarkan produk pangan olahan yang berkualitas saja, tapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan di masa mendatang, melalui optimalisasi produsen dan distributor pangan, agar berpihak kepada sektor UMKM di bidang peternakan, perunggasan dan perikanan, jelas Wahyu.

"Kini produk-produk DJ Food akan memasuki pasar dan diharapkan dapat diterima masyarakat. Oleh karenanya tidaklah berlebihan apabila produk tersebut dapat memeriahkan khasanah kompetisi produk kemasan kaleng di Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Ingin target tercapai, Anies ganti Dirut Dharmajaya

Di sisi lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi kerja sama PD Dharma Jaya dengan Blambangan Group yang mampu menghasilkan pangan olahan berkualitas di mana menurutnya produk baru olahan itu dapat meningkatkan daya konsumsi protein di masyarakat.

"Terutama bagi anak-anak yang sangat membutuhkan kandungan protein saat tumbuh kembangnya. Kita paham sekali terutama untuk anak-anak usia muda, kebutuhan atas protein itu terasa kurang dan seringkali bermasalah," kata Anies di lokasi yang sama.

Anies meyakini, keberadaan pangan kemasan siap saji ini bisa menjaga pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap unsur yang ada di kandungan makanan itu yang terdiri dari protein dan karbohidrat.

Dalam kesempatan itu, Anies juga mengharapkan sepak terjang PD Dharma Jaya yang mau meluaskan jangkauannya dari fokus pada bisnis hewan potong hingga bertambah menjadi pangan olahan dalam kemasan kaleng dapat mendorong BUMD lainnya untuk berinovasi.

"Saya berharap menjadi nilai tambah baru bagi peningkatan kualitas produk PD Dharma Jaya dan bisa menjadi inspirasi bagi BUMD lain dalam melahirkan inovasi di masa depan," tuturnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020