Jakarta (ANTARA) - Pada Jumat (28/8) Lembaga Biologi Molekuler Eijkman menyatakan bahwa Indonesia telah mengirimkan 22 hasil pengurutan keseluruhan genom virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang beredar di Tanah Air ke bank data dunia

Selain itu ada warta mengenai perkembangan pengembangan vaksin Merah Putih untuk mengatasi COVID-19, upaya pemerintah mengatasi pandemi, dan pengalaman Gubernur Jawa Barat mengikuti uji coba vaksin Sinovac dalam rangkuman berita berikut.

Indonesia kirim 22 urutan genom virus corona ke bank data dunia

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio mengatakan Indonesia sejauh ini sudah mengirimkan 22 hasil pengurutan keseluruhan genom virus corona tipe SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang beredar di Tanah Air ke bank data dunia, GISAID Initiative.

Uji klinis vaksin Merah Putih diharapkan bisa dimulai trimester kedua 2021

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof Amin Soebandrio berharap uji klinis vaksin Merah Putih untuk COVID-19 dapat dilakukan pada trimester kedua tahun 2021.

"Diharapkan uji klinis fase 1 bisa dimulai pada trimester kedua 2021 dan itu merupakan penyuntikan vaksin pertama ke manusia di Indonesia," kata Amin dalam konferensi pers virtual tentang Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XX di Jakarta, Jumat (28/8).

Ridwan Kamil rasakan efek vaksinasi COVID-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil merasakan pegal-pegal seusai menjalani penyuntikan pertama vaksin dalam rangkaian uji klinis tahap tiga vaksin COVID-19 buatan Sinovac Biotech China di Puskesmas Garuda, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/8).

Pemerintah klaim sudah keluarkan semua jurus bantu masyarakat

Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah sudah mengeluarkan semua jurus untuk membantu masyarakat dan pelaku usaha selama pandemi COVID-19.

"Ada BLT desa, bansos tunai, subsidi listrik, ada bantuan sembako, subsidi bunga, lalu kemarin kita keluarkan subsidi gaji," kata Presiden dalam acara Penyerahan Banpres Produktif Usaha Mikro di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Jumat (28/8).

Presiden bagikan masker dan sembako pada warga Kulon Progo

Presiden Joko Widodo membagikan puluhan masker dan paket sembako kepada warga yang berkumpul di simpang lima Patung Nyi Ageng Serang di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (28/8).

 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020