Purwokerto (ANTARA) - Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dr. Ridlwan Kamaluddin mengatakan pemerintah daerah harus terus menggencarkan operasi tertib masker dalam rangka mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan guna mencegah COVID-19.

"Operasi tertib masker harus terus digencarkan," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu.

Dia menambahkan dengan adanya pendisiplinan melalui operasi tertib masker diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat.

Menurut dia, penggunaan masker merupakan salah satu upaya efektif dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Kekuatan masker cegah penularan COVID-19 tak melulu soal cara pakai

Baca juga: Ditlantas Polda Aceh bagikan 1.000 masker buat masyarakat


"Dengan penggunaan masker secara masif diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19," katanya.

Koordinator bidang kesehatan Pusat Mitigasi Bencana Unsoed itu juga mengingatkan bahwa penggunaan masker pada saat ini telah menjadi kewajiban bagi seluruh komponen masyarakat.

"Karena itu untuk meningkatkan pemahaman dan juga kesadaran masyarakat agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas maka edukasi dan sosialisasi harus terus dilakukan secara berkala," katanya.

Ketua Satgas COVID-19 Universitas Jenderal Soedirman itu juga menambahkan bahwa para pemimpin di daerah dapat menjadi teladan bagi masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan.

"Para pemimpin di daerah dapat menjadi contoh dan teladan bagi masyarakatnya dalam penerapan perilaku kebiasaan baru seperti contohnya selalu menggunakan masker di manapun berada," katanya.

Sementara itu Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah Budhi Sarwono menambahkan pihaknya akan menggelar operasi tertib pada 31 Agustus hingga 30 September 2020.

Dengan demikian ia meminta seluruh masyarakat untuk berperan aktif menyukseskan kegiatan operasi masker tersebut.

"Bagi warga Banjarnegara mari pastikan anda telah memakai masker saat beraktivitas di luar rumah," katanya.

Dia juga kembali mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan dapat efektif mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah setempat.

Bupati menambahkan pihaknya telah menggelar deklarasi terkait kesiapan program pendisiplinan penerapan protokol kesehatan di wilayah setempat.*

Baca juga: Wisatawan tanpa masker dan sakit dilarang masuk Gunung Bromo

Baca juga: Polres Metro Jaksel kampanye penggunaan masker di Pasar Kebayoran Lama


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020