Jakarta (ANTARA) - Patung yang telah lama ditunggu-tunggu untuk menghormati Putri Diana akan dipasang tahun depan pada hari ulang tahun ke-60 mendiang Lady Diana pada 1 Juli 2021, dikutip dari People, Minggu.

Putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry mengeluarkan pernyataan bersama yang langka pada hari Jumat (28/8) waktu setempat mengumumkan bahwa patung itu akan berdiri di taman bekas rumah ibu mereka, Istana Kensington, dan membantu orang-orang "merenungkan kehidupan dan warisannya."

Ini menandai pertama kalinya William dan Harry berbicara di depan umum bersama sejak Harry dan istrinya Meghan Markle pindah ke rumah baru mereka di Santa Barbara, California, AS dengan putra mereka, Archie, menyusul keputusan mereka untuk mundur dari peran mereka sebagai bangsawan.

Rencana pembuatan patung pertama kali diumumkan pada Februari 2017, atau tepat 20 tahun sejak Putri Diana meninggal dunia dalam kecelakaan mobil di Paris, Prancis, di usianya yang baru 36 tahun.

Patung itu "ditujukan untuk menandai ulang tahun kedua puluh kematiannya dan mengakui dampak positifnya di Inggris dan di seluruh dunia," kata istana dalam pernyataan singkat.

“Patung itu akan dipasang di Sunken Garden of Kensington Palace pada 1 Juli 2021, menandai ulang tahun ke-60 Sang Putri,” lanjut pernyataan itu.

Pangeran berharap patung itu akan membantu semua orang yang mengunjungi Istana Kensington untuk merenungkan kehidupan ibu mereka dan warisannya.

Setelah berkonsultasi dengan pejabat senior dan teman-teman, para pangeran menugaskan Ian Rank-Broadley, pematung di balik gambar nenek mereka, Ratu Elizabeth, yang telah digunakan untuk menghias semua koin Inggris sejak 1998, sebagai orang yang membuat warisan itu.

Sumber dari Istana juga mengatakan bahwa tahap desain telah berkembang dengan baik, tetapi pemasangannya tertunda karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

Kakak-beradik ini awalnya mengumpulkan komite yang terdiri dari orang-orang terdekat mereka, termasuk saudara perempuan Diana, Lady Sarah McCorquodale dan mantan kepala staf mereka, Jamie Lowther-Pinkerton, untuk membantu menemukan desainer dan konsep yang sesuai.

Pada saat perannya diumumkan pada Desember 2017, Rank-Broadley mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Ini adalah satu-satunya niat tertinggi saya untuk memenuhi harapan Yang Mulia dalam menciptakan peringatan yang langgeng dan sesuai untuk mendiang ibu mereka Diana, Putri dari Wales.”

Baca juga: Masa depan monarki Inggris bergantung pada William-Harry

Baca juga: Keluarga kerajaan Inggris tampil di depan publik lagi sejak pandemi

Baca juga: Ratu Elizabeth pernah lakukan ritual untuk mendiang Putri Diana

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020