Anti Hoax

Erick Thohir sebut Ahok tidak akan dicopot dari Pertamina? Ini penjelasannya

Erick Thohir sebut Ahok tidak akan dicopot dari Pertamina? Ini penjelasannya

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (tengah) didampingi Dirut Nicke Widyawati (kanan) dan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman, berjalan meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan usai menemui Presiden Joko Widodo di Jakarta, Senin (9/12/2019). Presiden memerintahkan manajemen Pertamina untuk meningkatkan pengawasan penyimpangan BBM bersubsidi. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah tangkapan layar berisi artikel yang menyerupai berita tentang Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, baru-baru ini beredar di media sosial Facebook.

Unggahan akun Facebook Cecep Rudiana itu menyebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tidak akan mencopot Ahok dari PT Pertamina (Persero) karena pemerintah punya kepentingan dengan China. 

Pengunggah terlihat mengirimkan artikel yang dilansir dari IDtoday News, dengan judul "Ahok Tidak Akan Dicopot, Erik Tohir: Kami Punya Kepentingan Dengan Cina, Mohon Dipahami" ke sebuah grup Facebook.

Sang pemilik akun turut menambahkan narasi dalam kirimannya di Facebook. Berikut isinya:

"kalau sudah kepentingan china, Rakyat matipun tak apa".

Hingga Minggu (30/8), tangkapan layar yang juga memuat foto Ahok berbatik biru itu sudah dibagikan ulang sebanyak 164 kali, dengan 208 komentar, dan 317 respon dari pengguna lain Facebook.

Namun, benarkah Erick Thohir sebut Ahok tidak akan dicopot dari PT Pertamina karena pemerintah punya kepentingan dengan China?
 
Tangkapan layar unggahan di Facebook yang membahas Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama. (Facebook)


Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA melalui mesin pencarian berita, website IDtoday News diketahui tidak pernah merilis artikel berjudul "Ahok Tidak Akan Dicopot, Erik Tohir: Kami Punya Kepentingan Dengan Cina, Mohon Dipahami". 

Artikel asli yang dimuat situs IDtoday News berjudul "Ahok Tidak Akan Dicopot, Erick Thohir: Kerugian Pertamina Masih Lebih Baik Dibanding Perusahaan Lain".

Berita dengan judul serupa juga disiarkan oleh salah satu media arus utama nasional, Rmol.id, pada 27 Agustus 2020.

Dalam berita asli, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan belum berniat melakukan perombakan ataupun pergantian manajemen Pertamina, meskipun BUMN di sektor energi tersebut mengalami kerugian hingga Rp11,13 triliun pada semester I 2020.

Erick menjelaskan perombakan manajemen PT Pertamina tidak dilakukan karena kondisi keuangan BUMN itu dinilai masih lebih baik dibanding perusahaan lain di tengah pandemi COVID-19.

Dari hasil penelusuran tersebut dapat disimpulkan unggahan akun Facebook Cecep Rudiana itu telah melalui proses penyuntingan dan memuat informasi yang menyesatkan.

Klaim: Erick Thohir sebut Ahok tidak akan dicopot dari PT Pertamina
Rating: Salah/Disinformasi
 
Tangkapan layar artikel milik idtoday.co (idtoday.co)


Baca juga: Anggota DPR: Banyak faktor sebabkan Pertamina merugi

Baca juga: Dikabarkan merugi, ini respons Pertamina

Baca juga: Polisi lakukan pemberkasan kasus pencemaran nama baik Ahok

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Hoaks Atau Benar - Teh lemon cegah kematian akibat COVID-19 di Vietnam? Ahok beri program bantu pasien COVID-19?

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar