Jakarta (ANTARA) - Ragam berita politik di Tanah Air pada Minggu (30/8) menarik dibaca kembali untuk mengawali informasi anda pada pekan ini, di antaranya:

Mahfud MD ingin Yogyakarta jadi contoh gerakan perang melawan COVID-19

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD berharap Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi contoh bagi daerah lain dalam memajukan ekonomi dan perang melawan COVID-19.

"Saya berharap Yogyakarta ini jadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk memajukan ekonomi dan perang melawan COVID-19," kata Mahfud seusai membagikan masker antibakteri kepada warga di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

Basarah: Melawan ideologi transnasional harus dengan kerja konkret

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menegaskan bahwa untuk melawan ideologi transnasional yang saat ini berkembang di Indonesia, diperlukan kerja konkret di segala bidang, mulai dari politik, ekonomi, sosial, sampai bidang budaya.

Menurut Basarah, jika nasionalisme dan sistem demokrasi yang sekarang dianut bangsa Indonesia tidak membuahkan hasil nyata yang menyejahterakan apalagi membahagiakan rakyat, maka dikhawatirkan rakyat akan menoleh pada ideologi lain sebagai alternatif misalnya ideologi transnasional yang mengusung konsep negara khilafah.

Baca selengkapnya

Penyerangan Polsek Ciracas, TNI AD akan kembali periksa 19 prajurit

Pusat Polisi Militer TNI AD dan POM Kodam Jaya telah memeriksa 12 orang prajurit dan akan kembali memeriksa 19 personel terkait penyerangan Markas Polsek Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (29/8).

"Kami menangani kasus ini sejak detik-detik pertama. Sejauh ini yang sudah diperiksa di Polisi Militer Kodam Jaya ada 12 orang. Tetapi ada 19 orang lagi yang sudah ada indikasi dan saat ini sedang dalam proses pemanggilan," kata Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa, saat memberikan keterangan pers di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

Yusuf-Tulus siap daftar hari pertama Pilkada Kota Bandarlampung
​​​​​​​

Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung, Muhammad Yusuf Kohar dan Tulus Purnomo Wibowo, dipastikan siap mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari pertama pendaftaran dibuka untuk Pilkada 2020.

Pasangan yang memiliki jargon YuTuber (Yusuf Tulus Bersama) ini telah merampungkan formulir B1-KWK yang menjadi syarat pendaftaran ke KPU.

Baca selengkapnya

Tito Karnavian sebut akan berdinas sebagai Mendagri lagi mulai Senin

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, mengatakan akan kembali berdinas sebagai menteri dalam negeri mulai hari Senin, 31 Agustus 2020.

"Besok saya ada acara zoom meeting dengan Mendikbud dan semua kepala daerah," kata dia, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Minggu (30/08).

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020