Anggota DPR minta jajaran TNI-Polri contoh kekompakan Panglima-Kapolri

Anggota DPR minta jajaran TNI-Polri contoh kekompakan Panglima-Kapolri

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (tengah) melakukan salam komando dengan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz (kedua kanan) seusai menghadiri Rapat Pimpinan TNI-Polri 2020 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww/aa.

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono meminta seluruh jajaran TNI-Polri mencontoh kekompakan dan kebersamaan yang ditunjukkan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

"Hubungan TNI dan Polri kalau kita lihat di (tingkat) elitnya, baik Panglima TNI, Kasad maupun Pangdam itu semua baik, termasuk Panglima TNI dan Kapolri ke mana-mana selalu bersama," kata Dave melalui siaran pers, Jakarta, Senin.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri pimpin rapat penanganan COVID-19 di Papua

Menurut dia, momentum kebersamaan antara petinggi TNI dan Polri itu telah banyak diperlihatkan dalam berbagai kesempatan.

"Terbaru, keduanya kompak saat kunjungan kerja di Jayapura, Papua, Sabtu (29/8). Salah satu agendanya adalah melepas Satuan Tugas (Satgas) COVID-19," katanya.

Pada kesempatan itu, Panglima TNI dan Kapolri menginstruksikan kepada tim Satgas COVID-19 yang merupakan gabungan dari prajurit TNI-Polri untuk lebih mendisiplinkan dan mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: 340 ribu TNI/Polri untuk edukasi warga taati protokol kesehatan

"Meskipun para petinggi institusi menunjukkan persahabatan yang erat, namun di tingkat bawah kerap terjadi konflik antarinstitusi sehingga perlu dilakukan kajian ulang terhadap doktrin yang diajarkan di masing-masing institusi, baik TNI maupun Polri," katanya.

Dia menyarankan para personel di masing-masing wilayah untuk meningkatkan hubungan kedua pihak melalui kegiatan patroli bersama atau kegiatan lainnya.

Dave menekankan pentingnya menjaga hubungan baik antara TNI dan Polri sehingga peristiwa di Polsek Ciracas tidak terulang lagi karena mengganggu kenyamanan dan keamanan masyarakat.

Baca juga: TNI dan Polri perketat pengamanan Mapolsek Ciracas usai penyerangan

"Kasus perusakan Mapolsek Ciracas harus menjadi pelajaran bagi prajurit TNI dan anggota Polri. Panglima TNI dan Kapolri saja kompak dan selalu bersama. Masa (jajaran) yang di bawahnya tidak?" tuturnya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menkopolhukam dukung pencopotan prajurit TNI perusak Polsek Ciracas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar